30

OCT 19

Tim writer GoodLife

Saat Kepepet, Ini Trik Makan Sehat di Resto Junk Food

Lagi kangen banget menu-menu makanan di resto junk food, tapi gimana caranya, ya, biar tetap sehat?

Siapa tahan godaan ayam goreng super crispy, gurihnya kentang goreng, pizza dengan topping keju meleleh-leleh, double cheese burger, soft drink dingin, dan masih banyak lagi menu-menu di resto junk food. Apalagi saat kamu sedang berada di tempat yang cuma tersedia makanan-makanan seperti itu, atau pas lagi lapar-laparnya. Duh, nahan diri untuk enggak melangkah masuk ke dalam resto junk food, ambil tray, lalu pesan paket komplet itu pasti susah banget.  

Padahal kamu sudah tahu risiko di balik kenikmatan sesaat itu. Jumlah kalori yang besar, tinggi garam, gula serta lemak trans. Bahaya buat berat badan atau risiko penyakit seperti jantung, hipertensi, atau diabetes.

Di saat kepepet harus makan junk food, ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar makanan- junk food bisa jadi lebih sehat.

1.  Topping Sayuran

Misalnya, pengen banget makan pizza, lebih baik pilih topping sayuran yang lebih sehat. Atau misalnya pilih burger veggie ketimbang cheese. Hindari tawaran ekstra keju, mayonaise atau saus krimi lainnya.

2.  Porsi Kecil

Akrab dengan tawaran, “Mau upsize, kak? Cuma nambah sekian rupiah, lo!” Sebaiknya, bilang aja “terima kasih.” Cukup makan porsi kecil karena kalorinya pun sudah besar.

3.  Hidari Digoreng

Pilih makanan tanpa digoreng. Misalnya ketimbang ayam krispi, lebih baik pilih daging dipanggang. Makanan yang digoreng mengandung lemak trans yang meningkatkan penyakit jantung, stroke serta diabetes tipe 2. Waduh serem, auto gak jadi makan gak sih ini. 

4.  Roti Gandum

Saat menyantap burger atau sandwich, tanyakan apakah ada pilihan selain roti putih, misalnya roti gandum yang lebih berserat, sehat dan lebih mengenyangkan.

5.  Batasi Garam

Salah satu alasan kenapa fast food bikin nagih adalah rasa gurih karena pemakaian garam dan penambah rasa yang banyak. Padahal konsumsi garam harian kurang dari 1500mg per hari. Jadi, batasi konsumsi makanan asin.

6.  Air Putih

Fast food juga surga buat minuman dingin dan manis yang tinggi gula, seperti soft drink atau minuman bersoda, milkshake, es krim, dan bahkan orange juice atau aneka teh pun terasa sangat manis. Kalau mau sehat, cukup memesan air mineral atau bawa air putih sendiri.

7.  Salad

Banyak kok fast food yang juga menyediakan menu salad sebagai penyeimbang. Tetapi ingat, ya, hindari memilih dressing yang tidak sehat. Ganti dengan dressing olive oil, apple cider vinegar atau plain yoghurt

 

Jadi, sesekali menyantap fast food nggak tabu juga, asal tahu batasannya dan pintar-pintar menyiasati menu agar menjadi lebih sehat. Kamu setuju kan?

JUNKFOOD CULINARY MAKAH SEHAT

Recommended Articles