24

DEC 19

Tim writer GoodLife

Akui Kesalahan dan Meminta Maaf Bikin Jauhkan Penyakit Jantung!

Sebagai makhluk sosial, kita pasti nggak bisa lepas dari bersosialisasi dengan orang lain.

Ada kalanya, dalam berinteraksi dengan orang lain, kita mengalami masalah, salah paham, atau emosi. Entah siapa yang salah tapi mengakui kesalahan dan meminta maaf nggak bikin kamu otomatis jadi pecunda. Meminta maaf bahkan punya segudang manfaat bagi kesehatan.

Seperti yang dilansir dari Psycology Today, meminta maaf membuat tekanan darah menurun, denyut jantung melambat, dan napas lebih stabil. Hal itu tentu aja bisa menghindari kamu dari sakit jantung, nyeri otot, tegang, dan stress.

Sementara itu, dari segi psikis, mengakui kesalahan dan meminta maaf juga punya segudang manfaat. Seperti yang dijelaskan oleh psikolog Naomi Ernawati Lestari, M.Psi dari Light House.

Berikut ini manfaat meminta maaf untuk kesehatan psikis.

1.  Meredakan Emosi

“Dengan kita meminta maaf maka orang yang kita sakiti merasa emosinya tersembuhkan. Kita pun akan merasakan hal yang sama, emosi kita lebih baik,” kata Naomi.

 

2.  Bukan Ancaman

“Ketika kita meminta maaf, kita tidak dianggap sebagai ancaman lagi.” Hal itu juga bisa menjaga kehidupan sosial kita.

 

3.  Move on Dari Rasa Marah

Orang yang memendam rasa marah bisa mengalami gangguan makan. “Dengan meminta maaf kita bisa move on dari rasa marah dan mencag kita stuck di masa lalu,” kata Naomi.

 

4.  Bebas Dari Rasa Bersalah

Mengakui kesalahan dan meminta maaf juga bisa melepaskan beban kita dari rasa bersalah. Hal itu tentu akan membuat kondisi emosi lebih stabil.

 

5.  Menurunkan Tingkat Stres

Dengan mengakui kesalahan dan meminta maaf, kita tidak lagi terlalu memikirkan tentang masalah yang dialami. “Semua masalah biasanya akan reda dengan kita meminta maaf dan itu mengurangi tekanan psikis dan menurunkan tingkat stress.”

Memang nggak mudah mengakui kesalahan dan meminta maaf tapi melihat segudang manfaatnya bagi kesehatan fisik dan mental, yuk mulai lakukan sekarang.

RELATIONSHIP MEMINTA MAAF JAUHKAN PENYAKIT JANTUNG

Recommended Articles