25

OCT 19

Tim writer GoodLife

Suka Nge-Gym ? Ini Hal-Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan

Sama seperti banyak aktivitas lain yang dilakukan di ruang publik, nge-gym pun punya aturan tak tertulis yang harus dipatuhi supaya tak mengganggu orang lain yang juga tengah latihan di gym. Apa saja?

 

1.  Kembalikan alat ke tempatnya

Gym bukanlah milik pribadi. Ada banyak orang lain yang juga latihan di sana. Jadi, jangan meletakkan peralatan pribadi atau perangkat latihan sembarangan. Setelah selesai memakai alat, kembalikan ke tempatnya. Jangan lupa bersihkan atau lap lebih dulu. Kamu pun tentu nggak mau pakai dumbel basah yang baru dipakai orang lain, bukan?

 

2.  Jangan latihan sambil menelepon

Semua orang punya urusan pribadi masing-masing. Tapi, hindari memakai smartphone atau gadget sambil nge-gym. Misalnya menelepon sambil treadmil. Penelitian membuktikan, membalas WA chat atau menelepon selama latihan berpengaruh terhadap keseimbangan dan stabilitas hingga 45%, dibandingkan jika tidak. Saran nya, coba deh tunggu hingga latiihan selesai, baru balas pesan WA atau telepon balik. Kecuali memang ada berita atau urusan yang sangat mendadak, kamu bisa menghentikan latihan dan membalas WA chat atau menelepon.

 

3.  Pilih alat yang dipakai

Namanya juga tempat umum, banyak orang yang juga memanfaatkan peralatan gym yang sama. Selesai memakai dumbel 2kg, misalnya, kembalikan dumbel itu ke tempat dumbel 2kg supaya orang lain mudah menemukannya. Gunakan seperlunya, pilih peralatan yang memang kamu ingin pakai, jangan semua dicoba lalu diletakkan begitu saja. 

 

4.  Pakai headset

Nge-gym sambil dengerin musik memang cukup membantu mengatasi bosan. Tapi, sebaiknya jangan memutar musik lewat gadget atau ponsel tanpa headset. Orang lain pasti akan terganggu karena menjadi kehilangan konsentrasi dan fokus. Belum lagi pilihan musik yang belum tentu sama.

 

5.  Make up berlebihan

Namanya juga perempuan, tentu perlu touch up sana-sini. Tapi, jangan memakai make up berlebihan ya, sewajarnya aja. Selain sebenarnya tidak perlu, kulit juga butuh bernapas. Make up yang terlalu tebal justru akan menutup pori-pori. Gym adalah tempat untuk berolahraga, kecuali kalau kamu lagi ada photoshoot di sana ya, lain cerita. 

 

6.  Jangan ‘bikin keributan’

Berhasil mengangkat barbel puluhan kilo tentu sesuatu yang patut diacungi jempol. Tapi tak perlu berekspresi berlebihan, misalnya berteriak-teriak kegirangan sehingga mengundang perhatian orang lain yang tengah berlatih. Atau meletakkan barbel yang baru diangkat  terlalu keras, apalagi dibanting. Selain mengganggu orang lain yang juga tengah nge-gym, tindakan kamu juga bisa merusak perelatan gym.

 

7.  Tak perlu mengomentari orang lain

Tak peduli apakah kamu sudah bertahun-tahun menjadi member gym, sebaiknya jangan terlalu pede mengomentari atau bahkan memberi masukan pada orang lain yang belum akrab. Apalagi jika orang tersebut tak meminta pendapat kamu. Jika kamu lihat orang lain melakukan gerakan salah sehingga beresiko cedera, lebih baik serahkan pada trainer atau staf gym sehingga tak membuat orang tersebut terganggu atau tersinggung.

 

8.  Hindari pakai alat kelamaan

Tentu, masuk ke gym harus membayar. Tapi bukan berarti jika sudah membayar lantas kamu bisa menguasai alat-alatnya untuk sendiri. Ada orang atau anggota gym lain yang pasti juga akan memakai peralatan yang sama. Jadi, jangan berlama-lama latihan dengan alat tertentu. Beri orang lain kesempatan untuk memakai alat yang sama juga.

 

Duh! Ini bukan galak yah, Intinya tetap jaga sikap kita dimanapun berada, biar gak masuk jadi komunitas kaum menyebalkan. Better good manners than good looks~

Recommended Articles