07

NOV 19

Tim writer GoodLife

Ini Cara Ampuh Agar Kamu Cukup Serat

Sudah cukupkah asupan serat kamu hari ini?

Ya, serat merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Beberapa manfaat yang bisa disebut misalnya mengatasi gangguan sembelit, menjaga berat badan supaya tetap stabil, menurunkan kadar kolesterol, dan sebagainya.

Meski sangat dibutuhkan dan memberi banyak manfaat kesehatan, masih banyak orang yang asupan seratnya kurang. The Institute of Medicine merekomendasikan konsumsi 38 gram serat per hari bagi pria dan 25 gram per hari untuk perempuan. Data juga menunjukkan, orang Amerika rata-rata baru mengonsumsi serat sebanyak 16 gram per hari, yang berarti hanya setengah dari yang dianjurkan.

Nah, bagaimana supaya kita bisa menambah asupan serat pada menu sehari-hari kita? Berikut tipsnya.

1.  Makan sup sayuran lebih dulu

Makan sayuran sebelum menu besar adalah cara terbaik agar tubuh mendapat cukup asupan serat. Makan salad atau sup sayuran sebelum menu utama juga akan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. 

 

2.  Makan popcorn jangan cuma di bioskop

Ya, popcorn! Jadi jangan hanya makan popcorn saat di bioskop saja, ya. Kenapa bisa dibilang makanan berserat? popcorn terbuat dari gandum utuh, sehingga memberi kita cukup serat yang dibutuhkan tubuh. FYI, pada setiap 28 gram popcorn terkandung sekitar 4 gram serat. 

 

3.  Buah untuk yang lebih praktis

Buah adalah salah satu sumber serat yang sangat baik, jadi wajib dikonsumsi. Buah lebih disukai karena rasanya yang enak dan mudah dibawa. Satu butir buah apel atau pir misalnya, bisa masuk ke dalam lunch box, sehingga tak memakan tempat. Serat dari buah juga membuat kita merasa kenyang lebih lama, khususnya jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang mengandung lemak atau protein, seperti kacang atau keju.

 

4.  Jus? Boleh saja, tapi lebih baik buah utuh

Jus seringkali menjadi pilihan untuk memperoleh serat. Tetapi, sebaiknya makan buah-buahan utuh daripada jus buah. Ini karena jus buah biasanya lebih banyak mengandung konsentrasi karbohidrat dalam bentuk gula daripada seratnya. Jadi, makan buah dan sayur utuh memberi kita lebih banyak serat daripada dalam bentuk jus buah atau jus sayuran.

 

5.  Yeay. avokad!

Buah satu ini tak hanya kaya asam lemak tak jenuh tunggal (monosaturated fatty acid) yang baik bagi tubuh, tetapi juga kaya serat. Setengah potong buah avokad memberi kita serat sebanyak 5 gram, lho. Avokad juga meningkatkan kesehatan jantung. Pilih avokad sebagai pengganti mentega, sajikan dalam salad dan menu lainnya.

 

6. Suka roti? 

Pilih roti atau makanan yang terbuat dari gandum utuh daripada gandum putih biasa. Gandum utuh lebih baik daripada gandum biasa karena butir biji gandumnya tidak diproses dan masih mengandung semua bagian asli dari gandum, termasuk serat. 

 

7.  Chia yang bikin bahagia

Biji chia bisa menjadi salah satu pilihan untuk mencukupi kebutuhan serat harian. Biji yang satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi, di antaranya asam lemak omega-3, protein, vitamin dan mineral, serta serat. Biji chia, yang mengandung serat yang larut dalam air, membantu menjaga saluran cerna sehingga sangat bagus bagi kesehatan usus. Ya, makan chia bisa bikin kita bahagia..

 

8.  Kacang dan biji beri banyak nutrisi

Kacang-kacangan dan biji-bijian memberi kita cukup protein, lemak, dan serat. Mereka juga kaya akan lemak tak jenuh yang baik, magnesium, serta vitamin E. Kamu bisa menambahkan kacang dan biji pada menu masakan favorit, sehingga kebutuhan nutrisi, terutama serat, bisa tercukupi. 

FOOD SEHAT BIJI CHIA SERAT BUAH ROTI GANDUM

Recommended Articles