06

NOV 19

Tim writer GoodLife

Selain Teh Hijau, 6 Jenis Teh Ini Bisa Bikin Langsing

Banyak cara untuk mendapatkan tubuh langsing, salah satunya dengan minum teh. Selain teh hijau, ada beberapa jenis teh dan minuman berbahan teh yang bisa kamu coba.

Khasiat teh untuk melangsingkan tubuh sudah banyak dibuktikan orang. Terutama teh hijau yang kandungan katekinnya bermanfaat melancarkan metabolisme tubuh dan mempercepat pembakaran lemak.

Dalam penelitian, orang yang minum teh hijau sebelum olahraga pembakaran lemaknya meningkat 17% ketimbang yang tidak minum teh hijau. Disarankan mengonsumsi teh hijau sekitar 30 menit sebelum berolahraga agar pembakaran lemak berlangsung maksimal. 

Selain teh hijau, ternyata ada beberapa minuman berbahan teh yang bermanfaat untuk melangsingkan tubuh.

Teh Kayu Manis

Di Meksiko, orang menurunkan berat badan dengan mengonsumsi teh kayu manis tanpa tambahan susu, madu ataupun gula. Batang kayu manis cukup dicampur pada seduhan teh panas. 

Kayu manis mengandung cinnamaldehyde, sejenis senyawa pemberi aroma khas yang membantu pembakaran lemak dalam tubuh. Konsumsi teh kayu manis 30 menit sebelum sarapan dan 30 menit sebelum tidur. 

Yerba Mate

Teh herbal ini dibuat dari daun pohon mate yang hanya tumbuh di hutan hujan di Amerika Selatan. Mengandung asam amino, mineral, vitamin, kafein, theobromine, saponin, chlorogenic acid serta antioksidan mateine yang berkhasiat merangsang sistem saraf pusat dan mengurangi nafsu makan sehingga berat badan bisa turun. Selain itu bagus untuk kesehatan jantung dan merelaksasi otot.

Cha Manao

(Image: worldfood.guide)

Sejenis minuman teh yang dicampur perasan jeruk nipis ini berasal dari Thailand. Nikmati dengan es batu dan tanpa gula. Kaya mineral dan vitamin C yang rasanya segar banget!

Nilgiri

Beralih ke Ghat Barat, India ada hidangan teh rempah yang disebut nilgiri. Bermanfaat mencegah diabetes, menjaga berat badan, serta baik untuk kesehatan gigi. 

Teh Rooibos

Dikenal juga dengan nama teh merah dan berasal dari Afrika. Bedanya dengan teh hijau, teh rooibos memiliki rasa manis alami. Katekinnya berfungsi sebagai antioksidan dan memperlancar metabolisme tubuh sehingga lemak mudah luruh.

Teh Dandelion

Terbuat dari akar tanaman dandelion. Kandungan kalorinya rendah tetapi tinggi vitamin. Bermanfaat untuk menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan pencernaan. Kamu bisa coba mengonsumsinya dua kali sehari, di pagi dan malam hari. 

 

Ah, jadi pengen coba, kan? Sebaiknya konsumsi teh tanpa gula atau pemanis apapun, termasuk mencelupnya dengan cookies. Dan tetap imbangi dengan makan sehat dan olahraga.

DIET TEH HIJAU TEH UNTUK MELANGSINGKAN

Recommended Articles