01

AUG 19

Tim writer GoodLife

Spot Menyaksikan Sunrise Paling Indah di Indonesia

Apalagi kalau sama pasangan

Eksotis! Ini 7 Spot Terbaik Untuk Lihat Sunrise

Melihat pesona keindangan alam memang enggak akan ada habisnya. Apalagi jika yang diburu adalah pemandangan langka, seperti terbitnya matahari.

Menyaksikan detik-detik matahari muncul memang punya kesan tersendiri. Sayangnya, enggak semua tempat bisa jadi spot melihat sunrise yang sempurna.

Tapi di 7 spot berikut ini, dijamin kamu akan puas melihat matahari terbit berpadu dengan segala keindahan alam di sekitarnya.

 

1. Bukit Sikunir, Dieng

Di atas Bukit Sikunir ini kamu bisa menikmati golden sunrise, matahari bulat penuh yang muncul sedikit demi sedikit. Pemandangan golden sunrise ini semakin indah dengan latar panorama dataran tinggi Dieng.

Ya, lokasi Bukit Sikunir memang masih satu kawasan dengan Dieng, tepatnya di Desa Sembungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk masuk ke Bukit Sikunir, kamu hanya perlu membayar Rp10.000.

Sementara itu, waktu terbaik menyaksikan matahari terbit adalah di musim kemarau, yaitu Juli – Oktober karena kamu bisa puas melihat golden sunrise tanpa terganggu dengan kabut.

 

2. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo sudah terkenal sebagai salah satu spot melihat sunrise yang menakjubkan di Indonesia. Karena itu, banyak wisatawan yang mulai naik menggunakan jeep menjelang dini hari agar bisa melihat sunrise dengan latar Gunung Bromo.

Jangan lupa menggunakan jaket tebal, kupluk, sarung tangan, dan kaos kaki karena udara di sana sangat dingin, mengingat Gunung Bromo berada di ketinggian 2.329 mdpl.

 

3. Candi Borobudur, Magelang

Cara lain menyaksikan matahari terbit adalah di Candi Borobudur, Magelang. Matahari yang perlahan muncul akan menyinari stupa-stupa di bagian atas Candi. Ditambah dengan latar hutan dan bukit, serta kabut, dijamin akan membuat atmosfer yang berbeda.

Untuk bisa menyaksikan sunrise di Candi Borobudur, kamu hanya bisa masuk lewat pintu khusus, yang dekat dengan Hotel Manohara, yang dibuka mulai pukul 04.30 WIB – 06.00 WIB.

Sementara untuk tiket masuk, bagi wisatawan lokal dikenakan Rp350.000 dan sudah mendapat makana kecil saat turun nanti.

 

4. Pantai Sumur Tiga, Aceh

Pantai Sumur Tiga tepat menghadap Timur. Makanya enggak heran kamu akan mendapat pemandangan sangat indah ketika matahari terbit. Duduk santai di atas hamparan pasir putih sambil menyaksikan detik-detik matahari muncul di balik cakrawala.

Photo: istimewa

Pemandangan semakin indah dengan pepohonan kelapa di pesisir pantai dan air laut yang bersemu jingga terkena sinar matahari pagi.

 

5. Savana Bekol, Situbondo

Savana Bekol terletak di kawasan Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Pemandangan padang rumput dan alam liar, jadi latar yang eksotis saat matahari terbit. Sepintas, kamu seperti sedang berada di darata Afrika.

Sambil memandang matahari terbit, kamu juga bisa menyaksikan hewan liar mulai beraktivitas. Jika beruntung, mereka akan lewat enggak jauh dari tempat kamu berdiri.

 

6. Kebun Buah Mangunan, Jogjakarta

Kebun Buah Mangunan di daerah Bantul ini bukan sekadar kebun buah. Di sini kamu juga bisa menikmati matahari terbit dengan latar kebun buah dan sungai, seperti sebuah lukisan pemandangan alam.

 

7. Gunung Rinjani, NTB

Sebagai gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia, Gunung Rinjani juga jadi spot tepat untuk menyaksikan matahari terbit. Kamu harus sampai Puncak Rinjani menjelang pukul 05.00 WITA. Perlahan kamu akan menyaksikan sang surya terbit.

Pemandangan semakin indah jika sinar matahari sudah cukup menyinari danau kawah Segara Anak dan Gunung Barujari.

 

 

Recommended Articles