24

OCT 19

Tim writer GoodLife

Berlatih Mencintai Diri Sendiri Dengan Yoga

What the instructor say...

“Yoga itu bisa dibawa di atas matras dan di luar matras.”

Begitu kalimat yang diucapkan oleh Destri Nurmala, instruktur yoga kepada Goodlife, saat ditemui di kawasan Barito, Jakarta Selatan, Selasa (22/10).

Menurut Deti, begitu ia biasa disapa, yoga bukan sekadar olahraga tetapi juga merelaksasi jiwa dan raga. “Saat melakukan yoga, yang dilatih ada 3, yaitu jiwa, raga dan pikiran. Jadi bukan cuma raganya aja tapi bagaimana kita menyatukan pikiran dengan napas dan jiwa kita dalam satu kali latihan,” tuturnya.

Nggak heran, saat ini semakin banyak orang yang tertarik untuk melakukan yoga karena merasakan banyak khasiatnya. Mulai dari meningkatkan kebugaran tubuh, membantu mengatasi masalah kesehatan seperti sakit punggung, insomnia, asma, hingga membakar lemak tubuh dan juga meredakan stress.

Hal itu seperti yang dirasakan langsung oleh Deti. Sebelum menggeluti yoga, Deti adalah penari dan koreografer. Ia memilih hip hop sebagai olahraganya

“Makin lama, badanku makin capek, punggung sakit, otot di bahu bagian belakang sampai bengkak. Mungkin karena dulu waktu hip hop enggak pernah pemanasan, makan sambil loncat-loncat. Akhirnya baru kerasa efeknya setelah beberapa tahun kemudian,” cerita Deti yang kemudian mencoba yoga dan langsung mengambil kelas teacher training.

Banyak perubahan yang dirasakan Deti begitu rutin melakukan yoga dan mengajar kelas-kelas yoga di beberapa studio. Salah satunya sakit punggung yang jauh berkurang dan bisa meredakan stress.

Unbelievable nih, selain sakit punggung jauh berkurang, aku juga bisa merasakan bagian tubuh mana yang sakit atau ada yang ngga beres. Nah itu aku release-nya pakai napas. Ajaib sih tapi itu yang aku lakuin sehari-hari karena aku mikirnya, penyebab stress itu aku sendiri yang masukin (ke pikiran) jadi seharusnya aku juga yang ngeluarin.”

Selain itu, orang yang rutin melakukan yoga biasanya jadi memiliki awareness terhadap diri sendiri.

“Misalnya jadi lebih menyeleksi makanan yang masuk karena begitu kita makan sembarangan, napas dan gerakan yoga kita pun jadi kerasa nggak enak. Beda banget kalau makan kita lebih sehat n teratur. Jadi dengan berlatih selama 60 menit yoga itu kita berlatih menghargai dan mencintai diri sendiri.”

Deti pun menyarankan bagi yang masih ragu-ragu mencoba yoga pertama kali agar langsung mengikuti kelas yoga. Apalagi dengan yoga, kamu juga bisa meredakan stress.

“Di awal yoga, kita diminta untuk meditasi untuk men-shut down pikiran kita. Dalam keadaan tenang, instruktur yoga biasa suka berbicara tentang life dan semua perkataan positif bisa masuk ke dalam mindset kita. Jadi yoga itu bisa dibawa di atas matras dan di luar matras. Selesai yoga, kita masih bisa merasakan pengaruh positifnya,” kata Deti yang merasa yoga sudah mengubah hidupnya.

Sangat menginspirasi yah. Yuk, kamu kapan nih mau mulai ikut kelas yoga?

BENEFIT YOGA INSTRUKTUR YOGA

Recommended Articles