05

NOV 19

Tim writer GoodLife

Oishi! Ini Street Food Khas Jepang yang Wajib Dicoba

Sudah lama Jepang menjadi destinasi wisata favorit traveller Indonesia. Negeri Sakura itu bukan hanya menawarkan keindahan alam dan budayanya yang unik, tetapi juga menyuguhkan makanan yang otentik dan juga lezat.

Bahkan ada yang menyebut, ke Jepang belum lengkap rasanya jika belum mencicipi berbagai makanan khas Jepang, terutama street food-nya yang terkenal unik, enak, dan cukup ramah di kantong.

Nah, kalau kebetulan kamu ada rencana liburan ke Jepang, berikut ini jajanan kaki lima khas Jepang yang harus kamu coba. Dijamin bikin ketagihan.

1.  Oden

Traveling ke Jepang saat musim dingin menjadi hal yang menarik. Kamu bisa merasakan salju dan melihat bagaimana Jepang menjadi serba putih karena semuanya hampir tertutup salju.

Jika kamu liburan ke Jepang saat musim dingin, wajib mencoba street food yang bernama oden ini. Oden merupakan makanan berkuah yang disajikan saat masih masih panas. Kuahnya terbuat dari kaldu yang gurih dan kamu bisa bebas memilih bahan campurannya, misalnya bola ikan, tofu, gurita, cumi, rumput laut, dan aneka seafood lainnya.

 

2.  Takoyaki

Makanan asal Kansai di Jepang ini berbentuk bola-bola kecil dengan isian potongan daging gurita, cumi, atau udang. Yang bikin citarasa takoyaki ini khas adalah, begitu matang, akan disajikan dengan mayones, saus, dan taburan serpihan ikan kering yang sepintas seperti kulit bawang putih.

Saking terkenal dan enaknya, takoyaki kini juga mudah ditemui di Indonesia. Tapi makan takoyaki di negara asalnya, tentu akan memberikan sensasi yang berbeda.

 

3.  Yakitori

Secara fisik, yakitori seperti sate di Indonesia pada umumnya. Hanya potongan dagingnya yang berbeda. Yakitori adalah sate dengan potongan ayam, kulit, hati, dan ampela.

Cara memasaknya pun dipanggang di arang hingga matang lalu dicelupkan ke dalam saus tare yang terbuat dari kecap asin, mirin, arak, dan gula.

Rasanya, nggak akan cukup kamu makan 1-2 tusuk yakitori, dijamin ingin nambah dan nambah lagi.

 

4.  Taiyaki

Taiyaki cocok untuk kamu yang suka jajanan dengan rasa manis. Taiyaki sejenis pancake yang dipanggang di atas cetakan berbentuk ikan. Hal itulah yang membuat taiyaki sangat khas.

Kamu bisa memilih taiyaki dengan isian pasta kacang merah, es krim, keju, tuna, atau ubi. Taiyaki lebih enak dinikmati saat masih dalam keadaan panas karena lebih renyah tapi bagian dalamnya tetap lembut.

 

5.  Okonomiyaki

Sepintas, penampilan okonomiyaki seperti telur dadar yang tebal. Bahan okonomiyaki sendiri adalah telur, daging, kol, dan tepung terigu yang dicampur hingga membentuk adonan kental.

Okonomiyaki digoreng di atas papan penggorengan. Ketika matang dan ingin disajikan, okonomiyaki diberi topping saus, mayones, dan taburan serpihan ikan kering.

 

Jadi ngiler ya kepengen coba. Kamu sudah pernah nemuin makanan street food Jepang ini di Jakarta gak? 

STREET FOOD JAPAN DESTINASI JEPANG KULINER JEPANG

Recommended Articles