12

NOV 19

Tim writer GoodLife

Seledri Untuk Jerawat dan Turunkan Berat Badan. Favoritenya Para Seleb!

Mulai dari selebriti, praktisi kesehatan, hingga influencer rela meneguk jus seledri setiap pagi saat perut kosong. Karena konon seledri bisa menurunkan berat badan. Lalu apa lagi sih manfaatnya?

Bisa dibilang jus seledri menjadi salah satu tren kesehatan terbesar tahun ini. Ide jus seledri murni sebagai minuman kesehatan datang dari penulis best seller Anthony William yang mengonsumsi jus seledri lebih dari 20 tahun. Klaim William, minum segelas jus seledri setiap pagi saat perut kosong melindungi tubuh dari penyakit kronis. Ia juga berbagi pengalamannya di akun Instagramnya @medicalmedium.

Seledri mengandung serat diet, vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, potassium, mangan, riboflavin, vitamin B6, pantothenic acid, kalsium, magnesium dan fosfor. Selain itu seledri juga kaya fitonutrien yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan untuk menjaga imunitas. 

Mau tahu lebih banyak manfaat jus seledri?

1.  Mengatasi Peradangan 

Ada lebih dari selusin jenis antioksidan dalam seledri. Flavonoid dan polifenol, seperti betakaroten dan luthein, membantu mengurangi peradangan kronis dalam tubuh.

2.  Turunkan Berat Badan

Seledri bisa dibilang paket komplet. Memiliki antioksidan, elektrolit, vitamin, dan mineral. Kandungan air dalam seledri cukup tinggi sementara kalori, saturasi lemak, dan kolesterolnya rendah. Dengan ragam nutrisi tersebut, seledri bisa mengatur metabolisme lemak sehingga berat badan bisa turun.

3.  Mengobati Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan seperti refluks (gerd), maag, kembung, dan konstipasi bisa diatasi dengan kandungan polisakarida berbasis pektin dalam seledri. Zat ini membantu melindungi lapisan lambung. 

Kandungan serat dan air yang tinggi pada seledri juga baik untuk kesehatan pencernaan. Satu cangkir batang seledri mengandung 5 gram serat makanan. Jadi untuk kebutuhan serat, seledri lebih baik dimakan langsung.

4.  Menjaga Kesehatan Mata

Mengandung vitamin A yang meningkatkan penglihatan, melindungi kornea, dan menjaga kelembapan mata.

5.  Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Kandungan n-butylphthalidepada dan sedanolide pada minyak seledri dapat menurunkan tekanan darah. Cocok untuk orang dengan hipertensi. 

Selain itu, ekstrak batang dan daun seledri berfungsi menurunkan kadar kolesterol buruk dan trigliserida.

6.  Membersihkan Gigi

Batang seledri memiliki serat-serat yang besar sehingga ketika dimakan langsung bagaikan dental floss yang membersihkan gigi dan menjaga kesehatan mulut.

7.  Mengusir Nyamuk

Patut dicoba, nih, Goodpeeps! Menurut sebuah penelitian, minyak seledri bisa bikin kulit kamu dijauhi nyamuk hingga 4 jam.

8.  Membuat Tidur Nyenyak

Mengandung relaksan otot sebagai pelemas yang membuat otot-otot berkurang ketegangannya. Tubuh lebih rileks dan tidur pun lebih nyenyak.

9.  Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Membantu mengurangi asam urat, merangsang produksi urine, melawan infeksi bakteri pada organ reproduksi. Kamu pun terhindar dari gangguan saluran kemih dan masalah ginjal.

10.  Atasi Jerawat, Eksim, dan Psoriasis

Ini alasan seleb sekelas Kim Kardashian dan Selena Gomez rajin minum jus seledri murni. Ternyata seledri mampu mendetoksi tubuh dari  beragam kotoran. Selain itu, mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi yang mengatasi gangguan kulit, seperti jerawat, eksim serta psoriasis.]

Jika kamu tertarik mencoba seledri agar hasilnya maksimal sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pilih seledri yang batangnya besar-besar, karena biasanya lebih banyak mengandung air, dan rasanya tidak pahit.
  • Jika kamu memiliki tekanan darah rendah sebaiknya menghindari karena seledri bisa menurunkan tekanan darah. Orang yang mengonsumsi obat pengencer darah juga tidak baik mengonsumsi seledri karena kandungan vitamin K-nya tinggi dan memengaruhi pembekuan darah.
  • Hindari juga berlama-lama di bawah sinar matahari setelah mengonsumsi jus seledri dengan kondisi perut kosong. Kandungan psoralens seledri meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari dan meningkatkan risiko tanda-tanda penuaan dini. 

 

Selamat mencoba, Goodpeeps!

 

Recommended Articles