09

NOV 19

Tim writer GoodLife

Udara Dingin Bikin Kulit Kering, Cobain 3 Ramuan Tradisional Ini

Musim hujan is coming....

Peralihan suhu udara dari musim kemarau yang panas ke musim penghujan yang lebih dingin bisa bikin kulit cenderung kering dan pecah-pecah. Yuk, jaga hidrasi kulit dengan ramuan tradisional berikut ini.

Cuaca yang kadang panas menyengat kadang dingin, bisa bikin kulit cenderung kering dan pecah-pecah. Lama kelamaan bisa memicu iritasi yang terasa gatal dan perih. Tampilan kulit bisa jadi kemerahan atau malah bersisik.

Untuk mengatasi kulit kering, salah satu caranya adalah dengan kebutuhan air putih minimal 8 gelas sehari. Oleskan juga pelembap water based yang mudah diserap kulit.

Mau yang lebih alami? Kamu bisa memanfaatkan ramuan tradisional sebagai pelembap kulit. Selain tentunya lebih aman bagi kulit, kamu bisa membuatnya sendiri dan enggak mahal.

1.  Body Butter Madu, Kayumanis & Minyak Kelapa

Madu membantu menjaga level kelembapan alami kulit, memiliki sifat antibakteri yang melindungi lapisan kulit yang sedang terkena iritasi atau luka agar tidak terkena infeksi, mengatasi keriput serta menjaga keseimbangan pH kulit.

Sedangkan minyak kelapa mengandung asam lemak yang melembapkan kulit kering dan pecah-pecah, mengatasi peradangan. Dan kayumanis kaya vitamin antioksidan yang bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas. 

Siapkan 1½ cangkir minyak kelapa murni, 3 sendok makan madu, ¼ sendok teh bubuk kayumanis, dan 2 sendok makan air lemon. Cairkan minyak kelapa lalu dinginkan. Tambahkan madu, bubuk kayumanis, dan lemon, lalu aduk hingga tercampur rata dan teksturnya creamy. Simpan dalam jar. Oles pada tubuh setelah mandi.

 

2.  Moisturizer Aloe Vera & Air Mawar

Gel lidah buaya sangat kaya air, vitamin, dan mineral yang meningkatkan hidrasi kulit. Sementara air mawar kaya polifenol dan flavanoid yang bersifat antioksidan dan antiradang sehingga ampuh menenangkan kulit yang kering, gatal, dan iritasi.

Siapkan ½ cangkir shea butter, 3 sendok makan gel aloe vera, 3 sendok makan air mawar, 1 sendok teh madu.

Caranya, cairkan shea butter dan campur dengan air mawar, gel aloe vera serta madu. Masukkan jar dan simpan dalam lemari es. Gunakan sebagai pelembap wajah harian.

 

3.  Masker Rambut Avokad & Minyak Zaitun

Kandungan lemak dan vitamin E pada daging avokad bisa melembapkan kulit kepala yang kering, memperhalus tekstur rambut, serta melindunginya dari paparan radikal bebas. 

Campurkan dengan minyak zaitun yang menutrisi kulit kepala sehingga rambut bebas kering dan lebih berkilau. Ini dikarenakan minyak zaitun mengandung vitamin E, vitamin K, zat besi serta asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9.

Haluskan sebuah avokad dan campur dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Oles merata pada kulit kepala dan rambut, pijat-pijat lalu tutup dengna handuk hangat. Biarkan 20 menit lalu bilas.

Coba, yuk, Goodpeeps! Boleh juga dipakai setiap hari agar kulit kamu dari ujung rambut sampai ujung kaki bebas kering, lembut, dan sehat meski suhu udara dingin.

FEMALE RAMUAN TRADISIONAL BEAUTY KULIT KERING

Recommended Articles