13

NOV 19

Tim writer GoodLife

Distraksi Bikin Tak Fokus, Sebaiknya Lakukan Ini 

Kamu pernah ngerasain gak, niatnya mau ngerjain tugas, tapi tahu-tahu sudah sejam lebih liatin social media. Awalnya sih sudah kepikiran mau ngerjain ini itu, eh ditengah-tengah malah suka kedistraksi sama hal lain.

Itu baru salah satu contoh aja goodpeeps, kalau kamu gagal fokus ketika kerjaan deadline wah bisa bikin tambah pusing loh. Nah supaya tetap bisa fokus di tengah gangguan atau distraksi yang muncul, GoodLife kasih tips nya nih:

 

1.  Periksa diri sendiri

Gangguan bisa datang dari diri sendiri maupun faktor eksternal. Coba mulai dengan melihat diri sendiri. Jika pikiran tak fokus dan malah kemana-mana, coba cek, apa sih yang sebenarnya terjadi? Apa sumber kegugupan atau kecemasanmu? 

2.  Lihat faktor eksternal 

Setelah urusan internal selesai, lihat faktor eksternal. Apakah karena sistem kerja di kantor? Apakah ada rekan kerja yang mengganggu? Kurangnya keterampilan, ide, atau waktu untuk hal-hal yang harus kamu lakukan? Begitu penyebab bisa diidentifikasi, maka gangguan pun bisa segera diatasi.

3.  Buat rencana

Pemimpin yang sukses adalah perencana hebat. Mereka membuat daftar rencana untuk setiap tujuan utama dan turunannya. Ketika sebuah tugas menghampiri, luangkan waktu untuk membuat rencana penyelesaian. Tuliskan setiap langkah yang diperlukan dari awal hingga akhir, lengkap dengan tenggat waktunya. Pepatah mengatakan, setiap 10 menit waktu perencanaan akan menghemat satu jam eksekusi.

4.  Offline untuk sementara

Sumber gangguan terbesar antara lain dari email, media sosial, atau gadget. Jika kamu ingin fokus, coba offline beberapa waktu hingga pekerjaan selesai.

5.  Beri waktu istirahat

Salah satu kunci agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik adalah mengetahui kapan harus beristirahat. Ketika mulai merasa ada gangguan, istirahatlah. Kemudian lihat dan fokus kembali. Istirahat, meski singkat, bisa membantu pikiran menjadi lebih jernih.

6.  Dengarkan musik 

Musik bisa membantu menyelaraskan segalanya. Ketika segala sesuatu di sekitar mulai mengganggu, kenakan headphone dan dengarkan musik. Musik dapat membantu berkonsentrasi, dan headphone memberi sinyal pada orang lain bahwa kamu sedang tidak mau diganggu.

7.  Bagi tugas 

Jika gangguan yang datang begitu mengganggu, bagi-bagilah pekerjaan ke dalam pekerjaan-pekerjaan kecil supaya lebih mudah diselesaikan. Ini juga akan mempermudah untuk fokus menyelesaikan pekerjaan.

8.  Cek lingkungan kerja

Seringkali suasana kerjalah yang membuat kita tak fokus. Misalnya kantor atau kubikel kotor dan berantakan. Coba luangkan waktu 10-15 menit untuk merapikan dan membersihkan lingkungan kerja sehingga bisa lebih fokus.

Recommended Articles