26

NOV 19

Tim writer GoodLife

Musik Membantu Kita Tidur Lebih Lelap

Setiap orang pasti suka mendengarkan musik, entah pop, R&B, rock, dangdut, dan sebagainya. Tapi, tahukah kamu bahwa musik juga bisa membantu tidur lelap? 

Studi menunjukkan, musik membantu kita tidur lebih mudah dan lebih nyenyak. Sebanyak 62% responden survei yang dilakukan University of Sheffield itu mengaku mendengarkan musik agar bisa tidur. Mereka menyebut nama-nama jenis musik dan penyanyi atau band favorit yang bisa mengantarkan mereka ke alam mimpi, seperti Ed Sheeran dan Coldplay. 

Bagaimana bisa musik membuat kita tidur lebih mudah dan lebih nyenyak? “Ketika kita tidur, satu-satunya indera yang kita butuhkan adalah kuping,” kata Dr. Carol Ash, dokter spesialis tidur dari Robert Wood Barnabas Johnson Health, New Jersey, seperti dikutip relieved.co.

Nenek moyang manusia zaman dulu menghadapi bahaya dimakan binatang buas saat tidur. Itu sebabnya mereka mengandalkan pendengaran untuk tahu bahwa mereka aman. Bunyi-bunyi seperti dengung, nada rendah 60 ketukan per menit merupakan nada-nada lembut yang membuat mereka nyaman. Nada-nada ini juga menandakan bahwa situasi lingkungan aman.

Musik juga membantu memprogram ulang otak. Misalnya pada penderita insomnia yang seringkali memiliki asosiasi bawah sadar bahwa kamar tidur berarti stres, kamar tidur adalah tempat dimana mereka tak bisa rileks. Ini membuat mereka seringkali menjadi lapar dan makan lagi, yang malah makin membuat mereka sulit tdiur.

Dengan program ulang otak, kita bisa memberi sinyal pada otak bahwa lingkungan yang dulu membuat stres sebetulnya aman dan nyaman. Ini yang menyebabkan kenapa musik membantu kita tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Ya karena kita merasa aman dan nyaman. 

“Bagi orang normal, masuk kamar tidur berarti tidur. Sementara bagi penderita insomnia,  masuk kamar tidur sama dengan terjaga alias tak tidur,” lanjut Carol. Inilah yang harus diubah, dan yang bisa melakukannya adalah musik.

Musik memicu otak untuk melepas dopamin, zenyawa kimia yang membuat kita merasa senang. Juga memicu cerebellum yang mengontrol gerakan dan memengaruhi pusat otak yang mengontrol ‘harapan.’ Itu sebabnya musik sangat efektif membantu memprogram ulang ‘harapan.’ Musik akan memberi sinyal ke otak bahwa, meski kita tidur, kita aman, rileks, dan berharap bisa beristirahat dengan baik.

Tapi tentu tak semua genre musik memiliki efek yang sama. Yang paling penting, lagu atau musik itu harus kita kenal. Musik yang palig bisa membuat kita rileks adalah yang memiliki 60 ketukan per menit. Biasanya ini ada pada lagu slow, rendah, dan yang membuat rileks. 

Bunyi juga sangat erat kaitannya dengan memori atau kenangan. Jadi, pilihlah musik yang sudah familier dan memiliki kenangan indah, sehingga bisa mengingatkan kita pada masa-masa bahagia. 

MUSIK UNTUK RILEKS

Recommended Articles