11

NOV 19

Tim writer GoodLife

Jangan Buru-Buru Minum Obat, Ini Resep Alami Redakan Sakit Perut

Sakit perut sering dialami oleh banyak orang. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kembung, sembelit, asam lambung, keracunan makanan, bakteri, hingga stress.

Beberapa orang menganggap sakit perut adalah penyakit ringan dan bisa mengabaikannya. Namun banyak pula yang nggak tahan merasakan sakit perut dan buru-buru minum obat kimia.

Padahal masih banyak cara alami atau bahan alami yang bisa meredakan sakit perut yang kamu coba sebelum minum obat kimia.

Apa aja obat dan bahan alami yang bisa meredakan sakit perut?

1.  Botol atau Kantong Air Hangat

Ini adalah warisan turun-temurun dari nenek moyang Indonesia untuk meredakan sakit perut. Gunakan botol atau kantong kompres kemudian isi dengan air hangat. Letakkan botol atau kantong berisi air hangat tadi di atas perut.

Rasa hangat yang menjalar di bagian perut bisa membuatmu nyaman dan meredakan sakit perut.

2.  Jahe

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan jahe mengandung anti peradangan alami dan juga meredakan sakit perut. Masukkan potongan jahe segar ke dalam secangkir teh hangat.

Jika kuat merasakan sensasi pedas dan hangat, kamu bisa langsung mengunyah satu ruas jari jahe. Sensasi hangat tadi bisa masuk ke perut dan memberi efek meredakan rasa sakitnya.

3.  Larutan Garam

Larutkan satu sendok teh garam ke dalam satu cangkir berisi air hangat. Sifat anti inflamasi dan anti bakteri dari larutan garam ini bisa membantu meredakan gejala sakit perut.

4.  Plain Yogurt

Yogurt mengandung bakteri alami yang sangat baik untuk mencernaan. Saat sakit perut, konsumsi yogurt tanpa rasa dan tanpa tambahan apapun.

5.  Daun Mint

Kandungan mentol pada daun mint bersifat analgesik alami dan bisa meredakan rasa sakit perut dan mual. Kamu bisa mencampurnya ke dalam air putih hangat atau air the hangat. Sebelum meminumnya, kamu juga bisa menghirup aroma mint yang keluar untuk efek menenangkan.

6.  Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Kamu juga bisa meredakan rasa sakit perut dengan mengambil posisi tidur dengan letak kepala yang lebih tinggi dari badan dan kaki. Atau duduk sambil bersandar pada bantal di bagian punggung.

 

6 cara diatas bisa kamu lakukan di rumah untuk mengurangi konsumsi obat kimia. Selain lebih sehat, juga murah dan aman bagi lambung. 

Konsultasikan ke dokter kalau gejalanya tidak hilang dan nyeri semakin hebat. ya goodpeeps!

Recommended Articles