14

NOV 19

Tim writer GoodLife

Carica, Si Pepaya Dari Dataran Tinggi Dieng Yang Kaya Manfaat 

Termasuk dalam keluarga pepaya, carica (Carica candamarcensis F.) memiliki banyak manfat kesehatan dan enak dijadikan banyak olahan.

Tanaman satu ini banyak dijumpai di dataran tinggi Dieng, JawaTengah. Masyarakat setempat malah menganggap carica hanya bisa tumbuh di kawasan berhawa dingin tersebut, meskipun sebetulnya bisa ditemukan juga di Bali. Tak heran, kita bisa dengan mudah menemukan buah yang bisa diolah menjadi berbagai makanan atau minuman ini di halaman-halaman rumah penduduk di kawasan Dieng.

Menurut penelitian, buah yang sering disebut dengan pepaya gunung ini berasal dari dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Oleh para penjelajah Eropa, carica lalu dibawa ke Indonesia. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 1-2 meter dengan batang bercabang dan bagian tanaman  yang lebih kecil. Carica banyak mengandung kalsium, gula, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin C, serat, serta beberapa enzim tertentu.

Buah ini biasanya diolah menjadi manisan, dodol, selai, sirup, bahkan keripik. Yang paling dikenal adalah manisan. Aroma buahnya yang asam manis segar bisa membangkitkan selera, apalagi jika dikonsumsi dengan es yang dingin. 

Karena mngandung banyak vitamin dan nutrisi, carica juga memiliki manfaat kesehatan yang tak sedikit. Yang paling banyak diketahui, carica bisa melancarkan proses pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Nah, bagi yang memiliki masalah dengan pencernaan, khususnya masalah BAB, konsumsi buah carica bisa menjadi solusi. Kandungan seratnya membantu menyerap protein dalam tubuh.

Carica juga kaya vitamin A sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain vitamin A, carica juga dicari karena mengandung Vitamin C dan Vitamin E yang bagus bagi kulit. Selain menghaluskan dan menjaga kelembapan kulit, carica juga mencegah penuaan kulit. Bahkan, kandungan carica bisa menangkal radikal bebas dan sinar UV dari matahari.

Seperti halnya pepaya, carica juga mengandung enzim papain. Kandungan enzim papain ini bisa membantu menetralkan pH serta membunuh bakteri jahat yang ada di dalam usus. Satu lagi manfaat kesehatan carica adalah bisa menghambat pertumbuhan sel kanker karena kandungan zat agrinin. 

 

Wah, patut dicoba, nih. Soalnya, selain enak, ternyata carica juga bagus bagi kesehatan. 

MANFAAT PEPAYA PEPAYA GUNUNG BUAH CARICA

Recommended Articles