27

NOV 19

Tim writer GoodLife

Introvert? Ini Tips Sukses Membawakan Presentasi

Ngobrol sama orang lain saja sulit, apalagi tampil di depan umum membawakan presentasi.. Tapi tenang. Bagi kamu yang merasa introvert, ada trik agar presentasi berjalan lancar. Check this out:

 

1.  Berdiri saat presentasi

Berdiri akan membantu membangun energi positif karena tubuh dipaksa untuk memompa adrenalin. Berdiri juga akan membuat kita lebih fokus, khususnya jika audiens melontarkan pertanyaan. Tak hanya presentasi, berdiri juga penting ketika meeting, brainstorming dengan tim kerja, atau workshop.

2.  Jangan hanya membaca slide

Membawakan presentasi hanya dengan membaca slide menunjukkan bahwa kita tak bisa atau tak mau mengelaborasi poin yang kita susun. Bagikan hal-hal yang tidak ada pada slide, ceritakan pengalaman, beri contoh, ajak audiens berinteraksi. Slide hanyalah alat bantu supaya kita tak melenceng dari topik yang kita bawakan.

3.  Tenang dan enerjik

Wajar jika menjelang presentasi kita deg-degan atau nggak pede. Basuh muka sebelumnya, ucapkan kalimat penyemangat seperti, “Ayo, kamu bisa!” Usahakan tetap tenang. Grogi sangat bisa membuat presentasi menjadi berantakan. Dan biasanya ini berawal dari rasa tak pede dan tak tenang.

Usahakan selalu melempar senyum sepanjang presentasi, jangan perlihatkan bahwa kita grogi dan nggak pede. Pandang semua audiens, beri pesan dengan gestur bahwa kita layak mendapat perhatian.

4.  Ajak audiens bicara

Tak perlu ke semua audiens, cukup ke satu atau dua audiens. Tanya dan minta mereka memberikan pendapat seolah-olah seperti sedang berbicara empat mata. Selain membuat suasana presentasi menjadi lebih hidup, ini juga akan sedikit menenangkan rasa grogi. Pilih audiens yang terlihat aktif dan senang berbicara. Kita bisa melakukan survei kecil-kecilan sebelumnya untuk mencari tahu mana audiens yang kra-kira suka berbicara. 

5.  Jangan melantur

Ingat, audiens tidak suka pemateri yang bertele-tele atau melantur. Sama halnya ketika kita mendengarkan presentasi orang lain, pasti tak senang jika pembawa materi presentasi bicara nggak runut dan malah melantur kemana-mana. Slide adalah alat bantu supaya kita fokus pada topik. Jadi, selalu ingatkan diri untuk tetap pada topik. 

6.  Mengontrol jalannya presentasi 

Meski menyenangkan menghadapi audiens yang aktif, kita harus tetap ingat waktu yang disediakan untuk menyampaikan presentasi. Jika audiens banyak yang bertanya, sampaikan bahwa topik yang ia tanyakan sangat menarik tapi akan dibicarakan pada sesi lain atau setelah sesi berakhir. Intinya, kita harus tetap mampu mengontrol jalannya presentasi sehingga materi yang dibawakan tersampaikan. 

 

Selalu ada awal untuk memulai sesuatu. Grogi itu wajar tetapi yakinlah pasti akan berlalu setelah semua dijalankan. Begitu pun bagi yang merasa diri intovert, menyampaikan presentasi kelihatannya sulit, tetapi akan terasa mudah setelah kita memulainya. 

INTROVERT PRESENTASI MENGATASI INTROVERT

Recommended Articles