16

NOV 19

Tim writer GoodLife

7 Hal Yang Bikin kamu Gak Sadar Jadi Doyan Makan

Pasti kamu pernah mengalaminya, bukan? Mendadak perut jadi keroncongan, padahal baru saja makan nasi padang dan segelas es cendol. Doyan makan (food craving) bisa jadi bersumber dari rasa frustrasi dan galau yang tak bisa dikontrol. Langkah pertama untuk mengatasi doyan makan adalah mencari tahu penyebabnya. Apa saja penyeabnya? Berikut 6 yang paling umum:

 

1.  Stres, cemas, atau sedih

Stres kronis akan meningkatkan kadar hormon kortisol, yang membantu meningkatkan selera makan, khususnya karbohidrat dan makanan yang manis-manis. Maka, saat sedih, senyawa cannabinoid yang berperan memperbaiki mood akan dilepas.

 

2.  Kelelahan

Tubuh manusia kembali mengumpulkan energi ketika tidur. Selain tidur, kita memperoleh energi dari makanan berupa kalori, yang kemudian diubah menjadi energi. Kurang tidur atau tidur tak berkualitas juga akan membuat tubuh terdorong untuk makan dan makan lagi supaya level energi tetap terjaga. Kualitas tidur yang buruk juga akan mengubah kadar hormon kortisol yang berfungsi meningkatkan nafsu makan. 

 

3.  Gula darah rendah

Tubuh sangat butuh energi untuk beraktivitas. Energi ini berasal dari makanan yang kita konsumsi. Kurangnya asupan makanan akan membuat kadar gula darah menurun ke level yang bisa memicu munculnya nafsu makan berlebih. Pasalnya, ya itu tadi, tubuh butuh energi. Biasanya, makanan yang ‘dipilih’ adalah makanan yang manis-manis karena makanan manis akan meningkatkan kadar gula darah sekaligus mengumpulkan kembali energi dengan cepat.

 

4.  Gangguan hormon 

Salah satu hormon yang memicu rasa lapar adalah hormon kortisol. Tetapi, hormon lain pun punya peran serupa. Pada perempuan subur yang masih mendapat menstruasi misalnya. Siklus hormon bulanan akan bisa memicu rasa lapar berlebih. 

 

5.  Kekurangan cairan

Rasa lapar dan haus sering sulit dibedakan. Cara paling mudah adalah minum segelas air dan tunggu sekitar 20 menit untuk melihat apakah rasa lapar itu hilang atau masih muncul. Jika rasa lapar hilang, berarti yang terjadi adalah kita merasa haus atau dehidrasi. 

 

6.  Nutrisi tak seimbang

Salah satu alasan kenapa kita makan adalah karena adanya nutrisi penting yang harus dicukupi tubuh supaya tetap bisa beraktivitas. Kekurangan protein, lemak, Vitamin B, magnesium, atau nutrisi lain bisa membuat kita merasa lapar karena tubuh butuh nutrisi yang  hilang tadi. Konsumsi suplemen vitamin atau mineral bisa menjaga terpenuhinya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. 

 

7. Tidak makan dengan seimbang

Tidak makan seimbang dan membatasi diri kamu untuk menikmati makanan yang disukai membuat keinginan makan kamu makin memburuk. Ketika tubuh sangat lapar, kita menjadi lebih menginginkan lebih banyak makanan padat kalori daripada biasanya, termasuk gorengan dan bahan olahan lainnya, Daripada menunggu rasa lapar lebih baik atur pola makan, air dan camilan secara teratur. Sangat kepingin makan coklat? makan saja, asal jangan banyak-banyak ya.

 

Baca Juga:

Manfaat Makan (Hanya) Kenyang Sampai 80% Ala Jepang

Ini, Lho, Makanan Pereda Stres

 

 

HEALTH FOOD CRAVING DOYAN MAKAN

Recommended Articles