15

NOV 19

Tim writer GoodLife

Pentingnya Recovery Usai Olahraga, Ini 8 Tipsnya

Recovery merupakan bagian penting dari olahraga, sayangnya kita lebih suka mengabaikannya.. Gak jarang ketika sehabis olahraga kita langsung ambil air minum lalu pulang. Padahal dengan melakukan recovery yang tepat resiko nyeri otot akan jauh berkurang, tubuh kamu pun kembali segar dan siap untuk beraktivitas. 

Untuk itu GoodLife coba merangkum 8 tips yang bisa kamu lakukan untuk recovery setelah olahraga. Simak yuk.

1.  Ganti cairan yang hilang

Usai melakukan latihan atau olahraga berat, banyak cairan tubuh yang terbuang. Minum selama latihan tak masalah, tetapi bisa juga minum usai latihan. Air akan membantu fungsi metabolisme dan mengirim nutrisi ke seluruh tubuh. 

2.  Makan makanan sehat

Setelah kehilangan cadangan energi untuk berolahraga, kita harus mengisi ulang energi supaya tubuh kembali bugar, jaringan kembali diperbaiki, dan siap melakukan aktivitas berikutnya. Sebaiknya makan 60 menit setelah olahraga atau latihan, pastikan pilih makanan sehat yang mengandung cukup protein dan karbohidrat.

3.  Istirahat dan rileks

Tubuh akan melakukan recovery sendiri jika diberi waktu cukup. Istirahat dan rileks usai latihan keras akan memberi tubuh kesempatan untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi seperti semula. Misalnya jalan-jalan menikmati sore, tiduran sambil membaca buku atau mendengarkan musik, dan sebagainya. 

4.  Peregangan

Hindari langsung duduk atau berhenti usai latihan berat. Lakukan peregangan untuk menjaga fleksibiltas otot-otot tubuh sekaligus mencegah cedera. 

5.  Lakukan recovery dengan begerak

Gerakan sederhana dengan intensitas ringan bisa dilakukan untuk mengembalikan kondisi tubuh usai latihan atau olahraga. Jalan cepat atau bersepeda akan membantu melancarkan sirkulasi darah, serta membantu mempromosikan nutrisi ke seluruh tubuh. Cara ini juga membantu melemaskan kondisi otot serta mengembalikan energi dengan cepat.

6.  Massage

Selain membuat kita rileks, massage juga sangat baik untuk mengembalikan kelenturan otot serta memperlancar peredaran darah. Pilih tenaga massage yang tepat supaya tidak malah membuat tubuh jadi sakit atau tak nyaman. 

7.  Mandi es

Beberapa atlet memilih mandi dengan bongkahan es batu untuk mengembalikan kondisi tubuh usai latihan berat. Bisa juga dengan terapi air kontras (air panas dan air dingin bergantian) untuk mengurangi otot nyeri dan cedera. 

8.  Tidur

Ini cara paling mudah dan efektif untuk mengembalikan kebugaran tubuh usai latihan berat. Tidur akan memberi kesempatan tubuh untuk membangun kembali sel-sel yang telah mati. Selama tidur, tubuh juga akan memproduksi hormon pertumbuhan yang bertanggung jawab terhadap pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. 

Recommended Articles