03

DEC 19

Tim writer GoodLife

Cara Tepat Turunkan Tekanan Darah Dengan Ini

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa meningkatkan resiko tekena serangan jantung atau stroke. Karena itu, dengan mengecek tekanan darah secara berkala sangat penting. Beberapa hal lain juga bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah ke angka normal, bisa kamu coba nih:

 

1.  Kurangi berat badan

Mengurangi berat badan, khususnya bagi yang overweight, bisa membantu menurunkan tekanan darah. Berat badan yang seimbang juga akan menjauhkan resiko sleep apnea (henti napas saat tidur) yang membuat denyut jantung menjadi tak teratur dan juga meningkatkan tekanan darah. Pola makan sehat dan olahraga bisa membantu menurunkan berat badan secara bertahap. 

2.  Pola makan sehat

Salah satu penyebab utama kenaikan tekanan darah adalah pola makan yang tak sehat. Untuk menurunkan tekanan darah, disarankan untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak jahat, banyak makan sayur dan buah, konsumsi biji-bijian utuh, hindari makanan diproses yang kaya karbohidrat, gula, dan garam. Konsumsi kopi berlebihan juga bisa menaikkan tekanan darah, jadi sebaiknya diatur.

3.  Aktif bergerak

Pasangan sejati makan sehat adalah olahraga teratur. Berat badan akan stabil dan seimbang jika kita rajin berolahraga dan makan makanan sehat. Lama olahraga yang disarankan adalah setengah jam 5 kali seminggu dengan intensitas yang disesuaikan. Olahraga atau aktivitas fiskik tak harus lari atau berenang. Berkebun, mencuci mobil, atau melakukan pekerjaan rumah tangga lain pun termasuk aktivitas fisik yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

4.  Kurangi konsumsi garam

Garam adalah salah satu pemicu utama kenaikan tekanan darah. The American Heart Association merekomendasikan mereka yang menderita hipertensi untuk mengonsumsi garam di bawah 1500 mg per hari. Salah satu cara mengurangi asupan garam adalah dengan memasak sendiri. Sebanyak 75% konsumsi garam berasal dari makanan di luar (warung makan atau street food). Konsumsi potasium (ada pada pisang, tuna, susu, dan lain-lain) juga akan membantu membuang garam keluar dari tubuh. Cara sederhana ini akan bisa menurunkan angka tekanan darah 2 hingga 8 poin.

5.  Hindari stres

Menghindari stres juga bisa menjaga tekanan darah berada di angka normal. Coba lakukan latihan seperti yoga atau meditasi. Bisa juga mendengarkan musik lembut atau bermain musik. Studi menemukan bahwa bermain musik sama baiknya dengan dengan melakukan aktivitas fisik. Berjemur juga akan meningkatkan senyawa kimia yang membuat kita merasa nyaman, yaitu endorfin, sehingga tekanan darah pun turun.

HIPERTENSI HIDUP SEHAT

Recommended Articles