26

NOV 19

Tim writer GoodLife

Kenalan Dengan Daun Pegagan (Centella Asiatica), si Lebar Untuk Bahan Skincare

Belakangan ekstrak tanaman ini meroket sebagai salah satu bahan skincare yang kaya nutrisi. Yuk, kenalan lebih dalam dengan si lebar daun pegagan (Centella asiatica).

Daun pegagan yang melebar berbentuk kipas dikenal sebagai tanaman herbal di Indonesia, Tiongkok serta India. Mengandung zat-zat yang bermanfaat menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, di antaranya saponin, flavonoid, phenolic acid, dan terpenoid.

Tanaman yang disebut Gotu kola ini juga membantu memperbaiki mood dan melancarkan sirkulasi darah sehingga racun-racun dalam tubuh dapat terbuang. Kulit pun terlihat lebih segar dan cerah. Itu sebabnya ekstrak daun pegagan menjadi salah satu bahan skincare yang populer beberapa tahun ini.

Penasaran apa lagi khasiat daun pegagan bagi kesehatan kulit? Ini daftarnya!

1.  Atasi Jerawat dan Bekasnya

Memiliki sifat antioksidan dan antimikroba sehingga ampuh mengurangi jerawat. Senyawa glikosida madekosida pada bagian daun dan tangkainya meredakan peradangan. Sementara kandungan triterpenoid-nya mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat.

2.  Anti Kerutan dan Keriput

Polusi, sinar matahari, jarang merawat kulit, dan bertambahnya usia bisa bikin produksi kolagen menurun. Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyebutkan, mengandung senyawa asiaticoside dan madecassoside yang memacu produksi kolagen. Garis halus, keriput dan kerutan pun bisa memudar. 

Caranya, cukup oleskan langsung krim ekstrak pegagan atau konsumsi suplemen pegagan untuk menjaga elastisitas kulit.

3.  Kulit Lembap dan Kenyal

Buat pemilik kulit kering, ekstrak daun pegagan bisa meningkatkan kadar minyak alami kulit. Dengan kulit yang lebih lembap tentu kerutan dan garis-garis halus lebih bisa dihindari. Rahasianya terletak kada kandungan saponin, senyawa yang berfungsi mempertahankan air pada kulit.

4.  Redakan Iritasi Kulit

Flavonoid, phenolic acid serta saponin pada daun pegagan selain melembapkan juga meredakan iritasi kulit dengan cara menghambat sel-sel yang memicu peradangan. Iritasi bisa memicu penyakit kulit sepertidermatitis, psoriasis, atau eksim.

5.  Menyembuhkan Luka Bakar

Kandungan terpenoidnya membantu pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru. Sehingga daun pegagan bisa mempercepat penyembuhan luka termasuk luka bakar, luka jerawat, luka operasi, luka diabetes.

6.  Mengurangi Selulit dan Stretch Mark

Penting banget nih, Goodpeeps! Daun pegagan ternyata  bisa mencegah dan mengurangi selulit, bahkan tampilan stretch mark. Ini dikarenakan triterpenoid pada pegagan mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit lebih elastis. Caranya, rutin mengoleskan krim pegagan pada area berselulit dan berstretch mark. 

Gimana Goodpeeps, tertarik mencoba krim daun pegagan untuk merawat kesehatan kulit? Tapi masih takut enggak cocok di kulit? Amannya, lakukan tes pada kulit lengan sebelum memakainya dalam porsi banyak. Jika tidak terasa gatal, panas, perih atau iritasi artinya kulit kamu cocok menggunakannya.

Untuk permulaan, pilih skincare dengan kandungan ekstrak daun pegagan yang rendah yaitu 2,5% atau 5%. Bertahap baru kamu bisa tingkatkan pemakaian. Ah, jadi nggak sabar mencoba!

CENTELLA ASIATICA TIPS SEHAT DAUN HERBAL BEAUTY

Recommended Articles