27

DEC 19

Tim writer GoodLife

10 Macam Perlengkapan Pribadi, Kapan Harus Diganti?

Meski lingkungan kamu kelihatannya bersih, seberapa sering sih kamu mengganti sarung bantal atau bahkan sikat gigi kamu?

Mungkin banyak yang tidak sadar, bisa saja lho barang yang kita pakai sehari-hari ternyata benar-benar mempengaruhi kesehatan kita. Seperti salah satu pendapat ahli bakteri asal Inggirs, Matthew Barbour, penumpukan bakteri dari barang-barang yang kita pakai tiap hari bisa berdampak serius bagi kesehatan.

Nah sayangnya kebanyakan dari kita terlalu malas untuk mengecek hal-hal yang mungkin dianggap sepele seperti kapan terakhir mengganti seprei? Padahal menjaga barang-barang pribadi kita tetap bersih adalah salah satu kunci kesehatan. Jadi, apa aja sih yang harus kamu ganti sesering mungkin? Cek daftarnya yuk!

1.  Sikat Gigi

Benda kecil ini dipakai 2-3 kali sehari untuk menjaga kebersihan mulut kita. Kebayang, kan, banyaknya virus dan kuman yang bersarang kalau tidak diganti berkala. Belum lagi jika bulu sikatnya sudah rusak sehingga kurang maksimal membersihkan gigi. 

Sebaiknya sikat gigi diganti 3 bulan sekali. Namun, menurut dokter gigi Ben Atkins, setelah kita menderita sakit berkepanjangan, misalnya flu atau batuk, segera ganti sikat gigi meski belum 3 bulan.

2.  Shower Puff dan Loofah

Journal of Clinical Microbiology menyebutkan, kotoran dan kuman dari kulit bisa tersimpan pada shower puff dalam jangka panjang. Kondisi kamar mandi yang lembap pun mendukung pertumbuhan bakteri dan jamur. 

Ganti shower puff setiap 4-5 minggu sedangkan loofah setiap 3 minggu, dan letakkan pada area yang kering.

3.  Bra dan Underwear

Idealnya, masa pakai bra hanya 1 tahun karena lebih dari itu bra sudah tidak bisa menyangga payudara dengan sempurna. Kamu juga harus punya 4-5 bra untuk dipakai bergantian. Underwear pun demikian, masa pakainya sekitar 1 tahun saja.

Beberapa tanda bra dan underwear harus diganti adalah jika tali bra turun terus meski sudah diatur, bentuk cup bra sudah berubah, lingkar karet underwear melar, muncul kotoran yang tidak bisa dihilangkan, atau berat badan kamu berubah drastis.

4.  Sarung Bantal

Wajah sering terasa gatal bahkan jerawatan, padahal kamu sudah rutin membersihkan wajah setiap hari. Coba cek sarung bantal kamu, apakah sudah rutin diganti 1-2 kali seminggu? 

Sarung bantal yang tidak rutin diganti bisa menyimpan kotoran dan kuman dari rambut atau bagian tubuh lain yang tertransfer ke area wajah ketika kamu tidur.

5.  Bantal

Buang jauh-jauh prinsip kalau belum rusak gunakan terus, termasuk pada bantal. Idealnya bantal harus diganti 1-2 tahun sekali meski kondisinya masih bagus. Bersihkan dengan cara vacum 1 bulan sekali.

Bantal yang terlalu lama dipakai akan berubah bentuk sehingga kurang nyaman lagi dipakai. Bisa memicu sakit leher atau sakit kepala. Isi bantal juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya tungau, debu serta bakteri yang bisa memicu alergi dan asma.

6.  Sisir

Sisir yang kotor atau dipakai bersama-sama bisa menularkan penyakit kulit kepala, seperti gatal, ketombe atau kutu rambut. Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan, dalam 1 mm folikel rambut terdapat 50 ribu bakteri, lho. Hiiiyyy…

Itu sebabnya penata rambut Jamie Stevens menyarankan untuk mencuci sisir 1-2 kali seminggu dengan air hangat dan sabun lembut agar kotoran rontok, lalu semprotkan disinfektan. Jangan lupa juga untuk mengganti sisir setiap tahun.

7.  Handuk

Handuk yang lembap memudahkan bakteri untuk berkembang biak dan bisa memicu penyakit kulit hingga diare.

Sebaiknya jemur handuk hingga kering setelah digunakan, lalu cuci handuk seminggu sekali dengan air panas. Masa pakai handuk rata-rata 1-2 tahun saja.

  8.  Tempat Makan dan Botol Minum Plastik

Untuk bekal ke sekolah atau ngantor kita biasa memakai tempat makan dan minum plastik. Ternyata barang-barang tersebut hanya baik digunakan 6-12 bulan. Goresan yang semakin lama semakin banyak membuat makanan rentan terpapar racun plastik.

9.  Spons dan Kuas Makeup

Sisa makeup yang mengendap pada spons dan kuas makeup berefek buruk pada kesehatan kulit. Meskipun kamu memakai spons dan kuas makeup yang harganya nggak murah, tetapi saja harus dicuci seminggu sekali dan diganti setiap 2-3 bulan atau ketika sudah sobek.

10.  Pisau Cukur

Cek deh apakah pisau cukur kamu sudah tumpul, berkarat atau ada kotoran yang tidak bisa dibersihkan. Itu tandanya kamu harus ganti supaya nggak infeksi. Sebaiknya ganti pisau cukur setiap maksimal 10 kali pemakaian dan selalu simpan di tempat kering. 

 

Coba yuk mula sekarang i cek satu persatu daftar ini dan segera ganti perlengkapan pribadi kamu jika masa pakainya sudah berakhir demi kesehatan kita juga!

Recommended Articles