06

DEC 19

Tim writer GoodLife

4 Bunga Khas Indonesia Ini Punya Khasiat Kecantikan, lho!

Hidup di negara tropis seperti Indonesia, memungkinkan kita memanfaatkan kearifan lokal untuk berbagai macam kebutuhan.

Misalnya saja untuk merawat kecantikan, kamu bisa manfaatkan bahan-bahan alami langsung dari alam. Seperti bunga khas Indonesia ini yang punya banyak khasiat untuk kecantikan. Selain alami tanpa tambahan kimia, memanfaatkan bunga-bungan ini untuk merawat kecantikan juga cukup mudah dibuat, ramah di kantong dan aromanya harum. Hmm

Yuk kita cek apa aja sih 4 bunga tersebut:

1.  Melati

Bukan hanya aromanya yang wangi, melati juga memiliki banyak khasiat bagi kecantikan. Kandungan nutrisi dalam melati berguna untuk menghaluskan dan melembapkan kulit, meningkatkan elastisitas, serta memberi efek menghangatkan yang bisa memperlancar aliran darah.

Untuk membuat ramuan menghaluskan kulit, cukup ambil segenggam melati lalu cuci bersih dan ditumbuk halus. Kemudian tambahkan sedikit minyak zaitun dan madu hingga bertekstur pasta. Oleskan di kulit sambil dipijat lembut lalu diamkan selama 30 menit.

Setelah kering, bilas dengan air dan keringkan dengan handuk. Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker bunga melati 2-3 kali dalam seminggu.

 

2.  Mawar

Khasiat bunga mawar untuk kecantikan sudah banyak dibuktikan oleh orang. Salah satunya air mawar yang biasanya dipakai sebagai campuran masker bubuk. Kamu pun bisa membuat air mawar sendiri. Caranya rendam beberapa kuntum mawar segar di dalam wadah berisi air. Biarkan semalaman hingga mengembun.

Keesokan harinya, air mawar tadi sudah bisa dipakai untuk campuran masker atau sebagai penyegar wajah.

Bunga mawar diketahui memiliki kandungan vitamin C dan A yang bisa melembapkan dan memberi efek dingin pada kulit. Selain itu, air mawar juga bisa mengecilkan pori-pori dan meredakan efek kulit terbakar matahari.

 

3.  Kembang Sepatu

Tumbuhan yang sangat mudah ditemui dan dalam perawatannya ini ternyata memiliki banyak khasiat bagi perawatan kecantikan. Kembang sepatu memiliki kandungan Alphahydroxy Acid (AHA) dan asam amino, yang membuatnya punya khasiat melembapkan kulit sekaligus bisa mengangkat sel kulit mati dan mencegah penuaan dini.

Selain untuk kulit, kembang sepatu juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Campur dan haluskan bunga sepatu beserta daunnya. Tambahkan yogurt atau minyak kelapa lalu gunakan sebagai masker rambut.

Diamkan hingga setengah kering lalu bilas dengan air bersih. Selanjutnya kamu bisa keramas seperti biasa. Selain mengatasi masalah kerontokan rambut, masker kembang sepatu juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

 

4.  Anggrek

Indonesia menjadi rumah bagi spesies anggrek terbanyak di dunia. Sebanyak 6000 spesies anggrek tumbuh di Indonesia. Selain memiliki penampilan yang cantik, anggrek juga punya khasiat untuk kecantikan, antara lain melembapkan kulit, mengurangi garis-garis halus di wajah, dan mengatasi penuaan dini.

Untuk mendapatkan kulit yang kenyal, cukup ambil umbi bunga anggrek secukupnya lalu haluskan. Campurkan dengan madu atau air putih biasa lalu gunakan sebagai masker. Lakukan secara rutin untuk meremajakan dan mencerahkan kulit wajah.

Waw! Bunga ternyata bukan hanya untuk menyatakan cinta aja ya… tapi juga bisa membuat orang lain jatuh cinta pada kita karena melakukan perawatan kecantikan secara alami. Wink-wink.

Recommended Articles