19

NOV 19

Tim writer GoodLife

Ternyata Yoghurt Lebih Bagus Dikonsumsi Malam Hari

Biasa menyantap yoghurt saat sarapan? Sesekali ubah kebiasaan tersebut karena ternyata yoghurt lebih efektif dikonsumsi malam hari. Kenapa?

Apa, sih, bedanya mengonsumsi yoghurt pada pagi dan malam hari? Ternyata yang berbeda adalah efeknya terhadap tubuh. Saat yoghurt dimakan pagi hari, nutrisinya bermanfaat terutama bagi orang-orang yang sedang diet.

Namun jika kamu makan yoghurt di malam hari, nutrisinya (lactic acid bacteria, kalsium, protein serta vitamin) bisa terserap lebih optimal. Sebab ternyata gerakan pencernaan lebih aktif pada malam hari, goodpeeps.

Apa lagi manfat mengonsumsi yoghurt di malam hari?

Menyehatkan Lingkungan Usus

Kamu sering merasa sakit di bagian perut, perut sebah, kembung, kentut berbau tajam, tiba-tiba merasa kelaparan? Bisa jadi lingkungan usus kamu nggak sehat. 

Lactic acid bacteria dan bifidobacteria pada yoghurt yang diserap pada malam hari bisa menekan bakteri jahat di pencernaan dan melindungi membran pencernaan.

Atasi Sembelit

Mengonsumsi yoghurt pada malam hari membuat ritme penyerapan tubuh lebih lancar. Sehingga pagi harinya pencernaan lebih nyaman dan tidak terjadi sembelit.

Berat Badan Tidak Mudah Naik

Membaiknya pergerakan usus berpengaruh pada meningkatnya metabolisme tubuh untuk menyerap dan mengeluarkan sisa makanan secara maksimal. Dengan begitu, berat badan kamu nggak gampang naik.

Menyehatkan Kulit

Apa yang kamu makan mencerminkan kondisi kulit kamu. Jika kamu banyak mengonsumsi makanan nggak sehat, racun akan menumpuk dalam usus lalu menyebar ke aliran darah dan memengaruhi kondisi kulit. 

Mengonsumsi yoghurt malam hari akan membersihkan racun-racun dalam usus sehingga kulit terlihat lebih sehat.

Mengatasi Kekurangan Kalsium

Yoghurt tinggi kalsium untuk memperkuat gigi dan tulang, pembentukan otot, serta mencegah iritasi. Saat dikonsumsi malam hari, kandungan lactic acid bacteria pada yoghurt mempermudah penyerapan kalsium.

Tidur Lebih Nyenyak

Produk diary seperti yoghurt mengandung triptofan yang memicu produksi hormon serotonin yang menciptakan rasa nyaman, tenang, dan bahagia. Alhasil, mengonsumsi yoghurt di malam hari membuat tubuh lebih relaks dan tidur lebih mudah.

Tertarik mencoba, Goodpeeps?  Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelumnya.

1.  Konsumsi yoghurt setelah makan malam.

Hindari mengonsumsi yoghurt sebelum malam malam. Sebab saat perut kosong asam lambung cenderung tinggi, sehingga bisa mematikan lactic acid bacteri yang ada pada yoghurt. Setelah makan malam, biasanya sekresi asam lambung menurun. 

2.  Konsumsi yoghurt 2-3 jam sebelum tidur. 

Pukul 22.00-02.00 adalah waktu terbaik atau “Gut Golden Time” dalam proses penyerapan nutrisi.  Sehingga sebaiknya kamu mengonsumsi yoghurt antara pukul 19.00-22.00.

3.  Konsumsi dalam kondisi hangat.

Yoghurt hangat ternyata lebih mudah dan cepat diserap tubuh. 

4.  Pilih plain yoghurt.

Yoghurt tanpa tambahan pemanis dan perasa lebih rendah kalori. Lebih baik tambahkan potongan buah segar atau madu murni. 

 

Selamat mencoba, goodpeeps!

YOGHURT INFO SEHAT MANFAAT YOGHURT

Recommended Articles