18

NOV 19

Tim writer GoodLife

5 Macam Buah Ini Ternyata Tinggi Kalori

Bukan hanya fastfood yang punya kalori tinggi, beberapa jenis buah pun ternyata memiliki kalori tinggi. Kalori seakan menjadi musuh yang wajib dihindari, terutama bagi yang sedang berdiet. Padahal hampir setiap makanan atau minuman mengandung kalori, lho. Hanya saja jumlahnya berbeda-beda. 

Kalori merupakan ukuran banyaknya energi yang terkandung dalam makanan atau minuman. Manusia membutuhkan kalori dalam jumlah tertentu tergantung jenis kelamin, usia, gaya hidup, tinggi dan berat badan. Umumnya, asupan rata-rata kalori harian pria dewasa 2500 kalori, sedangkan perempuan dewasa 2000 kalori.

Bagaimana dengan buah? Ternyata makanan yang biasa dikonsumsi orang dalam program diet ini juga mengandung kalori. Bahkan ada beberapa jenis buah yang kalorinya tinggi sehingga harus diperhatikan porsi konsumsinya saat sedang berdiet.

Apa saja buah yang mengandung kalori tinggi?

1.  Pisang

Pisang sumber energi yang baik bagi tubuh. Kaya vitamin C dan B6, kalium, potasium, kalsium, fosfor serta zat besi yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, mengatasi kelelahan otot, dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Dalam satu buah pisang dengan berat sekitar 130 gram rata-rata terkandung 121 kalori, 35 ram karbohidrat, serta 17 gram gula. Jadi jika sedang berdiet, batasi konsumsinya, ya.

 

2.  Avokad

Kandungan serat dan lemak jenuhnya yang tinggi membuat avokad baik untuk kesehatan jantung. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsinya sebab sebuah avokad berukuran 200 gram mengandung 322 kalori.

Cukup konsumsi seminggu sekali dan hindari juga menambahkan pemanis, seperti susu kental manis, gula, atau sirop.

 

3.  Kelapa

Siang-siang panas begini, minum es kelapa rasanya pasti segar banget. Buah ini juga baik bagi kesehatan karena kaya vitamin, mineral, protein, lemak jenuh serta gula alami. Air kelapanya juga baik untuk mencegah dehidrasi dan mendetoksifikasi sistem pencernaan. 

Tapi hati-hati, jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Daging kelapa yang gurih kenyal mengandung kalori cukup tinggi, yaitu 354 kalori per 100 gramnya.

 

4.  Mangga

Rasanya manis lezat, enak dimakan langsung atau dijus. Kandungan vitamin C-nya pun cukup tinggi, yaitu 36,4 mg per 100 gram daging buah mangga. Betakarotennya melindungi tubuh dari radikal bebas.

Namun saat kamu sedang dalam program penurunan berat badan, batasi konsumsi buah ini. Sebab dalam 1 buah mangga ukuran sedang bisa mengandung 156 kalori. Jika dibuat jus, pastikan tidak menambahkan pemanis seperti susu atau gula.

 

5.  Anggur

Ukurannya kecil sehingga kita sering tidak sadar mengonsuminya terlalu banyak. Hati-hati, ternyata kalori dan gula dalam anggur cukup tinggi. 

Dalam standar porsi penyajian buah (150 gram) anggur hijau mengandung 12 gram gula, 27 gram karbohidrat, dan 104 kalori. Sedangkan anggur merah dengan berat yang sama mengandung 25 gram gula, 28 gram karbohidrat, serta 120 kalori. Namun, kandungan antioksidan pada anggur merah lebih tinggi dibanding anggur hijau. 

 

Intinya, lakukanlah diet sehat rendah kalori tetapi komposisinya tetap seimbang. Mengonsumsi buah bisa bermanfaat menyehatkan badan, meski pada jenis-jenis buah tertentu perlu diperhatikan jumlah kalorinya.

Recommended Articles