20

NOV 19

Tim writer GoodLife

Anti Mubazir! Ini Tips Agar Makanan Nggak Terbuang Percuma

Enggak cuma plastik, sampah makanan atau food waste juga ternyata bisa mencemari lingkungan kita. Selain mengeluarkan aroma bau busuk, sampah makanan juga bisa mencemari tanah dan air. Kalau selama ini kamu udah ikutan kampanye mengurangi sampah plastik, sekarang yuk lebih memperhatikan soal sampah makanan ini.

Indonesia sendiri per 2018 menjadi negara terbesar kedua di dunia yang menghasilkan sampah makanan. Menyedihkan, ya?

Nah, kamu bisa ikut membantu mengurangi sampah makanan dengan cara berikut ini.

1.  Masak Sesuai Porsi

Untuk kamu anak kos atau yang tinggal di apartemen, biasanya untuk menghemat pengeluaran lebih memilih untuk masak sendiri. Pastikan kamu memasak sesuai porsi yang kamu butuhkan agar tidak ada makanan sisa.

 

2.  Simpan di Lemari Es

Jika sudah terlanjur matang, simpan masakan tadi di dalam kulkas. Kamu bisa menghangatkannya di lain waktu ketika ingin memakannya.

 

3.  Cek Masa Kedaluwarsa

Pastikan kamu rutin cek masa kedaluwarsa bahan makanan di dalam lemari es. Untuk bahan makanan yang mendekati masa kedaluwarsa, letakkan di depan hingga mudah terlihat. Dan untuk bahan makanan yang masa kedaluwarsanya masih lama, bisa kamu letakkan di rak bagian belakang.

Hal ini gunanya agar kamu lebih mendahulukan bahan makanan yang mendekati masa kedaluwarsa dan tidak membuangnya percuma karena terlewat masa pakainya.

 

4.  Buat Daftar Belanja

Saat belanja kebutuhan makanan, pastikan buat daftar belanja. Belanjalah sesuai kebutuhan hindari membeli bahan makanan berlebihan.

Sebelumnya, kamu bisa cek bahan makanan apa yang sudah habis atau masih banyak di dapur dan di kulkas. Tujuannya untuk membatasi pengeluaran dan mengurangi membuang-buang bahan makanan.

 

5.  Pisahkan di Awal

Saat makan, pisahkan makanan di awal sebelum kamu makan. Kamu bisa menyimpannya untuk bisa dimakan di lain waktu. Kamu juga bisa berbagi makanan tadi dengan teman atau orang yang membutuhkan.

 

Mungkin kamu merasa cara-cara di atas enggak akan berpengaruh terhadap jumlah sampah makanan yang dihasilkan. Tapi semua hal yang besar dimulai dari hal yang kecil, kan?

Nah mulai sekarang coba lebih bijak dalam berbelanja dan juga makan. Yang terpenting bukan jumlah porsinya tetapi pemenuhan gizi yang seimbang.

FOOD TIPS MAKANAN WASTE FOOD TIPS

Recommended Articles