18

NOV 19

Tim writer GoodLife

Green Living! 5 Tips Belanja Minim Plastik

Go to zero waste

Kepraktisan kantong plastik sebagai tempat untuk membawa barang belanjaan memang tidak diragukan lagi. Tapi melihat dampaknya yang luar biasa merusak lingkungan dan ancaman serius bagi makhluk hidup lainnya, sudah saatnya kita mulai mengurangi penggunaan kantong plastik, terutama saat sedang belanja.

Meski di Indonesia masih belum banyak supermarket yang plastic free tapi kamu tetap bisa memulai dari diri kamu sendiri. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan saat belanja minim penggunaan plastik.

1.  Selalu bawa kantong belanja (re-useable bag)

Biasanya niat kita sudah bulat untuk setiap kali belanja selalu membawa tas belanjaan yang bisa dipakai ulang. Tapi ‘penyakitnya’ adalah kita sering lupa dan ujung-ujungnya sepulang dari supermarket, kita tetap menggunakan kantong plastik.

Oleh sebab itu, sebaiknya selalu siapkan dan simpan kantong belanja yang bisa dipakai ulang di dalam mobil atau di jok motor, sehingga kapanpun kamu belanja, sudah tersedia re-useable bag).

2.  Gunakan kantong plastik bekas

Salah satu cara meminimalisasi penggunaan kantong plastik adalah dengan menggunakannya berulang kali. Jadi ketika belanja, bawalah kantong plastik sendiri dari rumah yang sudah pernah dipakai. Gunakan berulang agar tidak ada kantong plastik baru yang terpakai atau terbuang.

3.  Siapkan wadah plastik

Untuk barang belanjaan yang basah dan tidak bisa dicampur dengan barang lain, misalnya ikan, daging, udang, atau ayam, sebaiknya siapkan wadah plastik dari rumah.

4.  Pilih barang yang belum dikemas

Jika belanja di supermarket, pilih barang yang belum dikemas atau dibungkus plastik. Kamu bisa segera masukkan barang ke kantong belanjaan yang kamu bawa setelah ditimbang.

Jika belanja di pasar, minta pedagang untuk langsung memasukkan barang belanjaan tanpa dibungkus plastik transparan dan kemudian dimasukkan kembali ke kantong plastik belanjaan.

5.  Bungkus kardus

Jika barang belanjaan kita lebih banyak dari kantong belanjaan yang kita bawa, kamu bisa minta kardus bekas untuk membungkusnya. Sebagian besar supermarket sudah menyediakan kardus bekas untuk barang belanjaan konsumen.

 

Untuk memulai perubahan memang sebaiknya dilakukan dari diri kita sendiri dulu. Selain belanja minim plastik seperti cara di atas, kamu sudah bawa botol minum atau tumbler sendiri dari rumah belum nih? 

GREEN LIVING INSPIRATION BELANJA MINIM PLASTIK

Recommended Articles