14

NOV 19

Tim writer GoodLife

Jalani Pola Hidup Sehat ala Rafael Tan: Perut Six Pack itu Cuma Bonus!

Perubahan penampilan Rafael Tan sedang mencuri perhatian. Apalagi setelah ia rajin mem-posting kegiatannya nge-gym dan memamerkan perutnya yang sixpack. Perubahan tubuh Rafael ini memang terlihat sangat jelas. Jika dulu postur tubuh Rafael seperti cowok-cowok pada umumnya, kini personel boyband SMASH pun terlihat lebih kekar dan atletis.

Menurut penyanyi yang sekarang juga merambah ke dunia akting, perubahan itu tidak ia dapat secara instan tapi dengan latihan yang rutin selama berbulan-bulan. Berkat konsistensinya selama ini, Rafael pun berhasil menurunkan badan dari 76 kg menjadi 72 kg.

(Image: dokumentasi pribadi)

“Aku mulai nge-gym itu Desember 2018. Awalnya karena ngerasa susah banget nurunin berat badan padahal udah diet ketat, perut juga udah mulai buncit dan aku gampang banget sakit,” ujar Rafael membuka kisahnya.

Kemudian Rafael mnceritakan masalah tersebut ke salah satu sahabatnya, Rafael pun langsung disarankan untuk nge-gym. Tapi saran itu enggak langsung dijalanin. “Karena jujur, aku enggak suka olahraga apalagi nge-gym karena aku tahu awal-awal nge-gym pasti badan akan sakit semua.”

Tapi setelah dibujuk berulang kali, Rafael akhirnya memutuskan untuk mencoba dan langsung didampingi personal trainer agar latihannya tepat dan benar. “Setelah 10 kali pertemuan, aku bisa lewati dan mulai terbiasa.”

(Image: dokumentasi pribadi)

Pola latihan dan diet pun mulai dijalani seterusnya hingga kini.

“Setiap bagun tidur pagi, aku minum air putih 2 gelas. Terus dalam keadaan perut kosong, aku latihan cardio 45-60 menit. Siang atau sore baru latihan angkat beban. Begitu aja setiap hari. Istirahat latihan seminggu sekali lah,” kata Rafael yang juga menjaga pola makannya dengan menghindari makan karbohidrat, goreng-gorengan dan makanan manis, termasuk buah-buahan.

Bukan tanpa hambatan Rafael menjalani itu semua. Apalagi ia harus membawa sendiri makanan sehat dari rumah.

“Kebayang, kan kalau ada jadwal syuting dari pagi sampai malam. Aku harus diapin 5 makanan bekal sehari sebelumnya. Belum kalau lagi nongkrong sama teman-teman. Mereka bisa makan apa aja, nah aku makan bekal yang aku bawa. Ada yang bilang aku freak lah, enggak nikmatin hidup lah. Wah tapi menurut aku itu anggapan yang salah banget. Aku sangat menikmati kegiatan olahraga termasuk yang aku makan sekarang karena aku pikir ini jadi investasi buat hidup aku ke depannya. Karena kesehatan kalau bukan kita yang jaga, siapa lagi,” ucap Rafael bijak.

(Image: dokumentasi pribadi)

Dengan alasan tadi, Rafael pun masih tetap konsisten menjalani pola hidup sehatnya. Bahkan sudah banyak yang tergerak untuk mengikuti jejak Rafael, apalagi setelah melihat hasilnya, tubuh atletis dan perut sixpack.

“Tapi sebenarnya kita harus ubah mindset kita kalau nge-gym dan olahraga itu bukan supaya badan bagus tapi supaya badan kita sehat. Kalau sekarang banyak yang bilang badan aku bagus, itu mah bonus buat aku,” ujarnya sambil menambahkan banyak perubahan yang ia rasakan setelah rajin berolahraga, seperti metabolisme tubuh jadi lebih baik, tidak mudah capek, tidak mudah sakit, dan lebih percaya diri.

Ia pun memberi tips bagi yang masih malas untuk mulai berolahraga.

(Image: dokumentasi pribadi)

“Lawan rasa malas itu dengan berpikir kita harus investasi untuk kesehatan badan kita agar sehat hingga tua nanti. Lalu jangan terlalu diforsir dari awal, mulai olahraga dari yang paling ringan misalnya jalan keliling kompek rumah. Percaya deh, olahraga itu bikin ketagihan kok, kalau ketagihan sama sesuatu yang positif, enggak ada ruginya, kan? Yuk mulai olahraga supaya badan kita sehat.”

 

Nah, buat kamu yang masih males-malesan olahraga, coba deh ikutin pola pikirnya Rafael tan yang menginspirasi banget, "investasi kesehatan badan kita agar tetap sehat sampai tua nanti". Keren banget kan!

Recommended Articles