29

NOV 19

Tim writer GoodLife

Rempah Khas Aceh yang Bikin Makanan Lebih Mantul

Kalau diminta sebutkan makanan khas Aceh, apa yang pertama terlintas di pikiran kamu? Mie Aceh?

Mie Aceh memang sudah sangat terkenal enak dan punya cita rasa khas kaya akan rempah. Tapi Aceh bukan hanya punya mie lho, masih banyak makanan khas dari Aceh yang rasanya juga nggak kalah enak. Misalnya kari, kuah pliek u Aceh, gulai kambing, dendeng, keumamah ikan.

Beberapa makanan khas itu memang ada yang sama dengan makanan khas dari daerah lain. Tapi soal rasa, biasanya makanan khas Aceh cenderung memiliki rasa yang tajam, sangat berbumbu, dan kaya rempah.

Hal ini nggak lepas dari sejarahnya, yaitu Aceh pernah menjadi pusat perdagangan rempah yang dilalui para pedadang dari Arab, Asia Selatan, Eropa, dan India. Makanya nggak heran, untuk satu jenis masakannya aja, orang Aceh menggunakan banyak bumbu rempah. Misalnya untuk masak kari, setidaknya dibutuhkan 20-an jenis rempah yang digunakan.

Bicara soal rempah, yuk kenalan sama rempah khas Aceh yang bikin makanan lebih lezat dan mantul.

1.  Asam Sunti

Jenis rempah ini bisa memberikan efek rasa asam yang segar alami pada masakan. Masakan Aceh yang biasanya menggunakan asam sunti antara lain kari, masam keu’eueng, kari, dan sambal.

Selain sebagai bumbu, asam sunti juga dipakai untuk menghilangkan bau amis dari ikan atau seafood. caranya, baluri ikan atau seafood dengan asam sunti, lalu diamkan selama beberapa menit kemudian bilas dan cuci hingga bersih.

 

2.  Jintan

Jintan punya bentuk mirip dengan bulir pagi, hanya lebih kecil. Jintan memiliki aroma harum, rasa pedas, dan sifatnya yang panas. Masakan Aceh yang menggunakan rempah jintan antara lain mie Aceh, gulai sie itek, dan kari.

 

3.  Kapulaga

Kapulaga adalah rempah asal India. Namun karena pedagangnya selalu melewati Aceh, masyarakat Aceh pun mencicipi kapulaga dan menggunakannya sebagai salah satu bumbu masakan. Kapulaga memberi aroma masakan lebih kuat dan sedap.

 

4.  Kunyit

Rempah ini juga menjadi salah satu yang wajib ada di hampir semua masakan khas Aceh, seperti mie Aceh, gulai, dan kari. Selain memberikan warna pada makanan menjadi lebih menarik, kunyit juga bermanfaat meningkatkan sistem imun dan mengontrol diabetes.

 

5.  Bunga Lawang

Bunga yang memiliki bentuk khas, yaitu bentuk bintang ini berasal dari tanaman cemara. Bunga lawang memberikan aroma khas pada masakan khas Aceh.

 

6.  Daun salam koja

Daun salam koja sering juga disebut daun kari karena menjadi salah satu bumbu utama untuk membuat masakan kari. Bentuknya mirip daun salam hanya ukurannya saja lebih kecil. Daun salam koja berfungsi menambah kelezatan masakan dan mengeluarkan aroma mirip masakah khas asal India dan Srilanka.

Kalau kamu, makanan khas Aceh yang mana yang menjadi favoritmu?

REMPAH KHAS ACEH KULINER ASAM SUNTI JINTAN KAPULAGA KUNYIT BUNGA LAWANG DAUN SALAM KOJA

Recommended Articles