10

DEC 19

Tim writer GoodLife

Senyum Merekah, Ini Makanan Untuk Kesehatan Gusi dan Gigi

Kesehatan mulut enggak kalah penting dari kesehatan tubuh lainnya. Sayangnya masih banyak yang suka skip memelihara kesehatan gusi dan gigi. Selain harus rutin sikat gigi, flossing, dan menyikat lidah, kamu juga perlu menjaga kesehatan gusi dan gigi dari dalam. Yes, kita juga bisa merawat gusi dan gigi melalui makanan juga lho. Nih goodpeeps kasih tau apa aja makanannya:

1.  Strawberi dan Kiwi

Buah yang punya rasa menyegarkan ini kaya akan vitamin C. Diketahui vitamin C bisa meningkatkan produksi kolagen yang membantu menjaga gusi dan gigi dari kerapuhan dan infeksi serta menghancurkan plak dan noda kuning pada gigi.

2.  Yoghurt

Yoghurt membantu pertumbuhan bakteri baik dalam rongga mulut. Hal itu bisa membantu mencegah radang gusi dan penumpukan plak pada gigi. Selain itu protein dan kalsium tinggi yang terkandung dalam yoghurt juga bisa menguatkan gigi dan mencegah gigi keropos.

3.  Apel

Untuk menghindari gusi infeksi atau bengkak, disarankan untuk mengonsumsi buah apel setelah makan. Kadar asam yang rendah dari apel berfungsi sebagai ‘deterjen’ bagi gigi. Selain bikin gigi dan gusi sehat, aoel juga bisa menghilangkan warna kusam dan kuning pada gigi.

4.  Teh Hijau

Teh hijau sudah sangat terkenal kaya akan antioksidan yang bisa menjaga gigi dari infeksi, peradangan gusi, serta menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

5.  Permen Karet Tanpa Gula

Mengunyah permen karet bisa merangsang produksi air liur yang berguna untuk menghilangkan bakteri dalam rongga mulut. Namun pastikan kamu mengunyah permen karet tanpa gula atau sugar free ya, karena kalau dengan gula justru itu akan membuat gusi dan gigi kamu rawan infeksi.

6.  Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium. Ketika zat tadi sangat penting untuk menjaga gigi tetap sehat dan kuat.

7.  Seledri

Seledri juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Hal itu bisa membantu menyembuhkan peradangan pada gusi serta mengikisi plak pada gigi.

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya kamu juga mengurangi minum kopi atau soda dan jauhi merokok. Karena kebiasaan yang kita lakukan tanpa sadar itu bisa menyebabkan gigi kuning. 

Perhatikan juga cara kamu menyikat gigi, lakukan perlahan dan jangan menggosok terlalu keras. Jangan malas bersihkan gigi dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur.

Sudah siap pamer senyum indah deh. :D

 

KESEHATAN GIGI DAN GUSI PERAWATAN GIGI INFO SEHAT

Recommended Articles