16

NOV 19

Tim writer GoodLife

Art Therapy Ini Ternyata Bisa Redakan Stress

Belakangan, banyak banget buku mewarnai yang dijual di toko buku. Atau bahkan kamu salah satu yang sudah membeli dan mencobanya? Mungkin sepintas terpikir, ‘ngapain sih mewarnai gambar? Kaya anak TK aja.’ 

Nyatanya, mewarnai bisa dijadikan sebagai salah satu terapi untuk meredakan stres. Menurut psikolog Maria Novitawati, M.Psi, art therapy  adalah bentuk terapi yang menggunakan art sebagai pendekatannya, memakai imajinasi, cerita, tarian, atau peran. 

“Art Therapy banyak menggunakan seni visual dengan cara yang terintegrasi untuk membantu perkembangan dan menyembuhan,” kata Maria. 

Maria juga menjelaskan bahwa kegiatan seni bicara tentang mengekspresikan emosi dan pikiran melalui aktivitas yang menyenangkan dan dimintai oleh pelakunya. “Saat seseorang mengerjakan apa yang disenanginya, otomatis timbul efek positif, salah satunya menurunnya ketegangan atau stress.”

Selain itu, biasanya orang yang stress menjadi sulit mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dalam dirinya dan bagaimana mengekspresikan emosi negative yang dirasakannya. Semua sangat sulit diucapkan melalui kata-kata.

“Melakukan kegiatan seni, misalnya melukis atau menari mampu mengungkapkan isi perasaan dan pikiran yang paling jujur dari pelakunya tanpa kata-kata. Saat emosi dan pikiran negative telah tertuang melalui kegiatan seni, maka si pelaku menjadi lebih tenang dan mampu berpikir positif.”

Jenis art therapy sangat banyak. Beberapa art therapy yang bisa kamu coba antara lain:

 

Seni Rupa

(Image: Ganara Art Space/thehoneycombers.com)

“Seni rupa termasuk melukis, menggambar, dan mewarnai dapat mengeskpresikan emosi dan pikiran melalui coretan dan kombinasi warna, dimana setiap coretan dan warna tersebut dapat mewakili pikiran dan emosi yang sedang dialami oleh pelaku art therapy,” jelas Maria

 

Seni Tari

Seni tari dapat menjadi media sang penari untuk mengungkapkan perasaan (emosi) serta isi pikiran melalui gerakan-gerakan misalnya ada gerakan yang menvisualisasikan kemarahan, kegembiraan, kesediahan dan bentuk emosi lainnya.

 

Seni Musik

“Semua bentuk seni dapat digunakan, seperti yang telah saya sebutkan di atas, namun untuk musik telah dikhususkan serta disebut sebagai music therapy. Dengan mendengarkan musik, pikiran jadi lebih rileks dan tenang,” ucap Maria.

 

Menurut Maria, setiap orang memiliki minimal 1 jenis seni yang dimintai. Nah kalau kamu, kira-kira lebih suka seni yang mana nih, goodpeeps?

 

Baca Juga:

Diving Bisa Redakan Stress. Intip Gaya Keren Seleb Saat Diving

Duh! 5 Hal Kecil Ini Bikin Kamu Jadi Gampang Stress

Pernah Dengar Kalau Stress Bisa Menular?

ART THERAPY PAINTING DANCE

Recommended Articles