23

NOV 19

Tim writer GoodLife

Inspiratif! Ini Supermarket di Dunia yang Bebas Plastik

Kampanye penyelamatan lingkungan sudah banyak didengungkan di seluruh dunia. Salah satunya mengurangi penggunaan plastik dalam kegiatan sehari-hari.

Ternyata banyak ide unik dan kreatif saat mengurangi penggunaan plastik. Seperti yang dilakukan oleh supermarket di berbagai negara di dunia ini untuk mengurangi penggunaan plastik.

Berikut ini beberapa supermarket yang bebas plastik. Idenya sangat menginspirasi.

1.  Thornton Budgens, Londong, Inggris

Sejak November 2018, supermarket Thornton Budgens dalam skala besar melakukan gerakan Cut Out Plastic untuk kemasan makanan. Sampai saat ini Thornton Budgens sudah menjual sekitar 1800 produk makanan dengan kemasan lebih ramah lingkungan dan tidak menggunakan plastik. Mereka menargetkan akan 100% bebas plastik dalam waktu tiga tahun ke depan.

Saat ini, sebagian besar produk makanan yang biasanya dikemas dengan plastik kini dikemas menggunakan kantong kertas yang terbuat dari selulosa (serat tanaman). Untuk produk keju dan daging, supermarket ini menggunakan wax dari lilin.

Awalnya, penggunaan wax sebagai kemasan sempat menurunakn penjualan keju dan daging karena calon pembeli tidak bisa melihat isi di dalamnya. namun setelah ada inovasi baru dan wax dibuat transparan, pembeli pun tak ragu-ragu lagi membelinya.

Sementara untuk wadah buah-buahan dan sayuran tetap menggunakan jaring namun bukan terbuat dari plastik tetapi jaring dari bahan serat kayu pohon birch.

 

2.  Refill Stasion, Bangkok, Thailand

(image : www.refillstationbkk.com )

Toko grosir milik  pengusaha Papawee Pongthanavarnon ini berani berubah dan berbeda dari toko lainnya. Jika toko lainnya menawarkan kemudahan konsumen dalam berbelanja dengan menyediakan kantong plastik, Refill Stasion justru sebaliknya.

Di sini konsumen harus membawa wadah kosong dan tas belanja sendiri yang bisa dipakai berulang, dimana masih sangat jarang terjadi di Thailand. Atau pembeli bisa meminjam wadah milik toko grosir ini dan harus mengembalikannya pada pembelian berikutnya.

Papawee, yang merupakan arsitektur ini memang sangat concern dengan upaya pengurangan sampah plastik. Apalagi mengingat di Thailand, sampah plastik menjadi ancaman yang sangat serius.

 

3.  Ekoplaza, Amsterdam, Belanda

Ekoplaza adalah supermarket dengan lorong-lorong yang berisi aneka produk tanpa kemasan plastik. Pasar ini resmi dibukan di Amsterdam, Belanda pada awal 2018 silam.

Di sini kamu bisa menjumpai lebih dari 700 produk sehari-hari yang benar-benar bebas plastik. Pihak Ekoplaza mengatakan bahawa produk-produk yang mereka jual bebas dari kemasan plastik dan menggantinya dengan karton atau bahan-bahan yang bisa dijadikan kompos.

Sepintas, ada beberapa kemasan yang mirip plastik, namun itu adalah biofilm yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan sehingga ramah lingkungan karena cepat terurai hanya dalam waktu 12 minggu.

 

4.  Rimping, Chiangmai, Thailand

(image : www.rimping.com)

Supermarket ini sempat menjadi viral karena foto-foto kemasan yang mereka gunakan untuk produk yang dijual menggunakan daun pisang.

Hal ini sangat unik dan menginspirasi karena produk seperti sayuran segar, buah-buahan, dan produk sehari-hari lainnya dikemas dengan daun pisang. Meskipun belum 100% bebas plastik, namun supermarket ini mendapat banyak pujian karena telah berkontribusi mengurangi penggunaan plastik, terutama di Thailand.

Kamu juga bisa turut serta mengurangi penggunaan plastik dalam aktivitas sehari-hari, misalnya selalu membawa kantong belanja non plastik, membawa tempat makan, hingga membawa tumbler  atau tempat minum. Mudah, kan?

 

INSPIRATIF EDUKASI BEBAS PLASSTIK PASAR SWALAYAN SAMPAH PLASTIK

Recommended Articles