29

NOV 19

Tim writer GoodLife

Alkohol Bikin Rambut Rontok? Ini Faktanya

Model pria berkepala plontos pernah menjadi tren yang banyak digemari. Atau bahkan, sampai sekarang, kamu suka berpenampilan plontos atau suka melihat cowok berkepala plontos?

Cowok plontos memang memberi kesan macho, kuat, dan seksi. Tapi kalau plontos karena rambut di kepalanya mulai menipis dan rontok, kayanya nggak asik ya.

Sebagai mahkota, rambut memang sering rontok dan dikatakan wajar jika kerontokan tidak lebih dari 100 helai setiap hari. Rambut rontok juga biasanya mulai dirasakan oleh orang yang berusia menjelang 50 tahun.

Sayangnya, saat ini anak muda pun sudah mulai banyak yang merasakan rambutnya semakin menipis dan rontok. Dan kebanyakan yang mengalaminya adalah laki-laki. Penyebabnya beragam, mulai dari gen, stress, hingga gaya hidup yang nggak sehat.

Lalu benarkah alkohol bisa menyebabkan rambut rontok?

 

Menurut Kazuhiro Kobayashi, direktur Men’s Health Clinic Tokyo, minum alkohol terlalu banyak memiliki efek buruk bukan hanya pada rambut tapi juga pada berbagai bagian tubuh. “Ukuran ideal untuk minum alkohol murni adalah 20 gram,” kata Kobayashi.

Bicara soal kebotakan pada pria, Kobayashi menjelaskan bahwa telah terkonfirmasi secara medis jika sekitar 80% cowok menderita penipisan dan kerontokan rambut alopecia dan memiliki komponen genetik yang sangat tinggi.

Namun ada aspek yang tidak semuanya diwariskan. “Faktanya bahkan kembar identik dengan kondisi genetik yang sama terdapat perbedaan dalam tingkat penipisan rambut karena berada di lingkungan yang berbeda.”

Artinya, meski kebotakan dan kerontokan rambut ada unsur genetik sebagai penyebabnya, perlu dipertimbangkan juga faktor dari gaya hidup. Lalu gaya hidup seperti apa yang bisa memicu terjadinya kerontokan dan kebotakan?

Seperti yang dilansir dari webmd.com, kerontokan rambut dan alkohol memiliki hubungan yang tidak langsung namun sangat berkaitan erat. Berikut penjelasannya.

1.  Menghambat Penyerapan Zinc

Alkohol menyerap zat besi dalam tubuh dan menghambat penyerapan zinc sehingga membuat rambut rapuh dan mudah rontok.

2.  Dehidrasi

Alkohol juga membuat tubuh, termasuk folikel rambut mengalami dehidrasi. Akibatnya, rambut akan kehilangan kelembapannya, kering, dan menjadi mudah rontok.

3.  Meningkatkan Kadar Estrogen

Peningkatan kadar estrogen, khususnya pada pria, bisa mengganggu pertumbuhan rambut dan kerontokan rambut yang parah.

 

Sebelum terlambat dan menyesal, yuk sebaiknya terapkan pola hidup sehat sejak dini. Hindari mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

LIFESTYLE ALKOHOL BIKIN RAMBUT RONTOK

Recommended Articles