04

DEC 19

Tim writer GoodLife

Keseringan Cek HP Bisa Cepet Tua, Lho Kok Bisa?

Handphone sudah seperti barang wajib yang selalu harus dibawa kemana pun kita pergi.

Dari bangun tidur hingga tidur lagi, pasti kamu juga nggak bisa jauh-jauh dari handphone, kan? Apalagi saat ini, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan lewat HP. Bahkan peran dompet pun sudah mulai bisa digantikan dengan dompet digital di HP. Kalau memang pekerjaan dan segala aktivitas kamu ada di HP, sebaiknya mulai bijak dalam menghabiskan waktu menatap layar HP dan memperhatikan postur tubuh.

Seperti yang dilansir dari Authint Mail, keseringan ngecek HP membuat banyak orang tidak sadar dengan posisi tubuhnya. Umumnya, mereka memegang handphone lebih rendah dari kepala dan itu membuat otot leher memendek dan meningkatkan tarikan gravitasi pada kulit.

Jika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus akan menyebabkan kulit kendur, timbul garis-garis halus vertikal dari bibir ke arah dagu dan rahang longgar. Selain itu, saat melihat layar HP biasanya dilakukan sambil duduk dengan durasi yang cukup lama. Menurut American Journal of Epidemiology, duduk terlalu lama dan tidak aktif membuat sel-sel tubuh cepat menua.

Untuk menghindari efek buruk tadi, ini yang bisa kamu lakukan adalah selalu mengusahakan posisi HP sejajar dengan mata. Saat memeriksa HP, berdiri ataupun duduk, sebaiknya posisikan HP sejajar dengan mata. Saat berdiri, kamu bisa mengangkat HP dengan bagian siku menekuk. Dengan posisi ini, selain tidak membuat otot leher memendek, kamu juga pasti nggak akan betah berlama-lama menatap HP karena pegal.

Sementara saat duduk, jangan letakkan HP di atas paha atau pangkuan. Sebaiknya cari meja agar kamu bisa metakkan HP, paling tidak, sejajar dengan bagian dagu. Untuk bisa lepas dari HP memang sepertinya hal yang mustahil ya. Tapi kamu bisa mencoba posisi di atas dan lebih bijak saat menghabiskan waktu untuk menatap layar HP.

Meski terlihat ribet dan susah, gak ada salahnya kamu coba tips ini. Bisa karena terbiasa, ya khaann!

HEALTH HIDUP SEHAT INFO SEHAT TEKNO

Recommended Articles