03

MAR 20

Tim writer GoodLife

Latihan Fisik yang Bikin Awet Muda, Ini Daftarnya

Siapa sih yang nggak mau punya wajah dan tubuh yang awet muda? Semua orang, baik itu cewek atau cowok, pasti ingin terlihat selalu awet muda dan fresh. Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat wajah terlihat awet muda, mulai dari perawatan kulit, pola makan yang sehat, hingga yang paling ekstrem adalah operasi plastik.

Tapi sebenarnya ada lho cara mudah dan murah untuk membuat kamu terlihat awet muda, yaitu dengan aktif bergerak dan rutin berolahraga. Bergerak secara aktif dan rutin berolahraga bisa menjaga sirkulasi darah, membuat metabolisme terjaga, menjaga kesehatan organ tubuh, dan menghalau penyakit kronis.

Latihan fisik dan olahraga berikut ini bahkan terbilang murah tapi bisa memberi efek kesehatan dan awet muda. Asal dilakukan secara rutin.

Apa aja latihan fisik yang bisa bikin awet muda?

1.  Lari dan Jalan

Lari dan jalan termasuk olahraga yang murah dan mudah dilakukan tapi punya dampak yang luar biasa untuk kesehatan dan kebugaran. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitry of Colorado mengungkapkan bahwa manula yang rajin lari dan jalan selama 30 menit selama 3 kali dalam satu minggu memiliki fungsi tubuh yang sama dengan orang yang masih berusia 20 tahun.

Itu artinya, mereka yang rajin lari dan jalan bisa tetap awet muda, bugar, dan tak cepat mengalami kemunduran fungsi tubuh.

 

2.  Berenang

Renang adalah salah satu latihan cardio yang bisa membuat kamu terlihat awet muda. Saat berenang, hampir semua anggota tubuh bergerak. Selain itu, saat berenang, jantung akan lebih mudah memompa darah untuk lebih banyak masuk ke dalam tubuh dan memperlancar aliran darah. Hal itu bisa membuat kamu lebih bugar dan kulit lebih sehat.

 

3.  Squat

Gerakan squat cukup sederhana dan bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun. Dengan rutin melakukan squat, kamu bisa mendapatkan otot-otot yang lebih kuat, tidak mudah melemah, dan meningkatkan sistem kerja jantung sehingga kamu lebih bugar dan sehat.

 

4.  Dance

Menari bisa dilakukan oleh siapa saja, cewek, cowok, tua, dan muda. Kamu bisa memilih gerakan menari sesuai yang kamu sukai. Saat menari, bukan saja membuat tubuh bugar dan sehat tetapi juga membuat mood lebih baik dan wajah cerah karena hormone endorfin yang membuat perasaan bahagia.

 

5.  Bersepeda

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Aging Cell menyebutkan bahwa seseorang yang rutin bersepeda cenderung lebih awet muda. Gerakan mengayuh sepeda bisa membantu mempertahankan massa dan kekuatan otot sampai usia lanjut.

Nggak ada kata terlambat untuk mulai olahraga dan bisa awet muda. Yuk aktif bergerak agar tubuhmu tetap bugar seiring bertambahnya usia.

Recommended Articles