04

DEC 19

Tim writer GoodLife

Awas, 10 Makanan Ini Bisa Bikin Jerawatan dan Komedoan

Kesal gak jerawat nggak hilang-hilang meski sudah diobati?

Coba cek dulu, deh, makanan apa aja yang biasa kamu makan. Ternyata ada jenis makanan yang memang bisa memicu munculnya jerawat dan komedo.

Untuk memiliki kulit bebas jerawat dan komedo kita bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Mungkin kamu pernah mendengar anjuran, seperti hindari makan kacang supaya enggak jerawatan atau jangan makan ikan karena  bikin kulit gatal. Padahal Itu tak sepenuhnya benar. Dalam porsi tidak berlebihan, kacang dan ikan justru kaya asam lemak omega-3 yang bersifat antiinflamasi sehingga bisa mengatasi radang jerawat. 

Jenis makanan yang bisa memicu munculnya jerawat umumnya adalah makanan-makanan yang meningkatkan gula darah lalu memacu reaksi insulin yang meningkatkan produksi sebum (minyak kulit). Mau tahu makanan apa sajakah itu? Ini daftarnya!

1.  Cokelat Putih

Banyaknya kandungan susu pada cokelat putih bisa menimbulkan alergi kulit lalu muncullah jerawat dan komedo. Kadar gulanya juga tinggi membuat lonjakan insulin yang meningkatkan produksi sebum. Sebum bisa menutup pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.  

Buat kamu yang hobi makan cokelat, lebih baik pilih dark chocolate murni agar nggak jerawatan.

2.  Sereal

Sama dengan cokelat putih, sereal kemasan biasanya tinggi kandungan gula sehingga memicu jerawat dan penumpukan komedo.

3.  Keripik Kentang/Kentang Goreng

Indeks glikemik keripik kentang atau kentang goreng sangat tinggi sehingga mendongkrak insulin dan glukosa yang memicu jerawat.

4.  Gula Pasir

Mulai sekarang batasi takaran gula pasir hanya 30 gram atau 5-6 sendok teh per hari. Gula bisa meningkatkan peradangan pada kulit yang memicu jerawat.

5.  Dairy Product

Produk susu dan turunannya, seperti keju dan mentega bisa memicu jerawat. Studi Journal of the American Academy of Dermatology menyebutkan orang yang meminum susu lebih dari 3 gelas sehari mengalami masalah jerawat lebih parah ketimbang yang hanya mengonsumsi 1 gelas per hari. Kandungan susu bereaksi dengan hormon  testosteron dan menyebabkan peningkatan produksi sebum (minyak alami) pada kulit.

6.  Makanan Pedas

Biasanya makanan pedas yang berlemak bisa memicu jerawat. Atau, ada orang-orang tertentu yang secara genetis memiliki alergi terhadap makanan pedas sehingga memicu timbulnya jerawat.

7.  Minuman Soda

Kandungan gula yang sangat tinggi membuat minuman soda cepat memicu munculnya jerawat dan komedo.

8.  Fast Food

Fast food biasanya mengandung banyak minyak, garam, dan lemak serta tinggi gula. Sebaiknya dihindari agar wajah bebas jerawat.

9.  Roti dan Nasi

Terutama roti putih dan nasi putih. Dermatolog dari New York, Francesca Fusco mengatakan, makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana tidak baik bagi kesehatan kulit karena menaikkan level insulin.

10.  Kopi

Kopi mengandung kafein dan bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon kortisol yang memicu rasa gelisah dan stres. Kondisi ini pada akhirnya bisa berpengaruh pada kesehatan kulit, seperti jerawat dan komedo.

 

Bukan berarti daftar makanan diatas sama sekali tidak boleh di makan ya goodpeeps,  paling tidak coba kamu batasi dulu. Atau coba makanan mana yang sangat berpengaruh timbulnya jerawat di wajah kamu itulah yang kamu hindari. Sebagai penggantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan kulit, seperti yoghurt, jeruk, teh hijau, dan ikan.

Selain itu, lakukan pola hidup sehat seperti cukup minum air putih, cukup istirahat, rutin berolahraga dan terpenting jangan lupa membersihkan kulit.

MAKANAN PENYEBAB JERAWAT BEAUTY

Recommended Articles