02

DEC 19

Tim writer GoodLife

Lalapan, Si Pemancing Selera Yang Kaya Nutrisi

Jika di luar negeri kita mengenal salad, Indonesia memiliki lalapan. Selain mengundang selera, lalapan ternyata juga sehat, lho. Yuk, cek apa saja manfaatnya.

Lalapan dikenal sebagai salah satu kuliner tradisional Indonesia, khususnya masyarakat Sunda. Meski begitu, makanan yang sudah dikenal sejak abad ke-10 Masehi ini juga dikenal di berbagai daerah dengan nama dan variasi yang berbeda-beda. Lalapan yang sudah disebut dalam Prasasti Taji tahun 901 Masehi ini pada dasarnya merupakan sajian berbagai sayuran mentah yang dinikmati dengan sambal dan berbagai olahan ikan air tawar. 

Berbagai jenis sayuran menjadi bahan untuk membuat lalapan antara lain mentimun, selada, daun kemangi, leunca, terong, oncom, pegagan, dan lain-lain. Karena berbahan sayuran segar, maka kandungan nutrisi lalapan sangat baik bagi kesehatan. Apa saja manfaat kesehatan dari lalapan? Berikut beberapa di antaranya:

 

1.  Mengatasi sembelit

Kandungan serat berbagai sayuran pada lalapan membantu menjaga pencernaan dan membuat buang air besar (BAB) menjadi lebih lancar sehingga terhindar dari sembelit. 

2.  Menurunkan berat badan

Sayuran pada lalapan kaya serat dan berbagai nutrisi lain seperti vitamin serta mineral. Itu sebabnya, rajin mengonsumsi lalapan bisa membatu menurunkan berat badan karena selain kecil kandungan kalorinya, lalapan juga membuat perut terasa kenyang.

3.  Mengatasi bau badan

Salah satu gangguan yang bisa diatasi dengan rajin mengonsumsi lalapan adalah bau badan. Sayuran hijau mengandung klorofil yang membantu menetralkan senyawa penyebab bau badan. 

4.  Mengatasi diabetes

Pemilihan makanan dan minuman yang tepat sangat menentukan kondisi seorang penderita diabetes. Sayuran dan buah adalah pilihan makanan yang sangat baik bagi penderita diabetes. Sayuran hijau yang terdapat pada lalapan rendah karbohidrat sehingga mencegah naiknya kadar gula darah.

5.  Mengatasi Hipertensi

Beberapa jenis sayuran yang digunakan pada lalapan ternyata juga sangat baik untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Itu sebabnya, penderita hipertensi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi lalapan. Sayuran seperti leunca, buncis, mentimun, seledri, dan yang lain bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Nah, segitu banyaknya manfaat mulai sekarang lalapan jangan cuma jadi pajangan aja ya goodpeeps!

SAYURAN KAYA NUTRISI HIDUP SEHAT LALAPAN SEHAT

Recommended Articles