30

NOV 19

Tim writer GoodLife

Kapan Sakit Kepala Harus Diwaspadai?

Rasanya hampir semua orang pernah merasakan sakit kepala. Biasanya sakit kepala akan hilang jika kita sudah minum obat penghilang sakit kepala, tiduran, atau istirahat sejenak. Namun jika sakit kepala tak kunjung reda dan disertai gejala lain, ada baiknya kamu segera konsultasikan pada dokter.

Nah berikut ini tanda sakit kepala yang harus kamu iwaspadai.

1.  Tidak Mempan dengan Obat Biasanya

Jika biasanya sakit kepala akan reda begitu kamu minum obat, namun kali ini obatnya tidak mempan. Bahkan sakit kepala terus bertahan hingga lebih dari 24 jam.

2.  Hilang Kesimbangan

Sakit kepala hingga membuat kamu kehilangan kesimbangan atau koordinasi gerak tubuh.

3.  Leher Kaku

Kamu patut waspada jika merasa sakit kepala yang disertai dengan demam dan leher kaku. Segera kunjungi dokter karena ini mengindikasikan ada gejala yang lebih serius.

4.  Hilang Kesadaran

Sakit kepala yang disertai gejala kehilangan kesadaran, linglung, pingsan, pusing, mual atau demam sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

5.  Mati Rasa Separuh Badan

Sakit kepala yang disertai dengan mati rasa separuh badan bisa mengindikasikan bahwa ada sumbatan pada otak. Jika tidak segera mendapat pertolongan dokter bisa menyebabkan perdarahan di otak atau stroke.

6.  Semakin Berat Pada Posisi Tubuh Tertentu

Misalnya sakit kepala akan kambuh atau terasa semakin berat ketika batuk, berbaring, menunduk, atau duduk.

7.  Gangguan Penglihatan

Sakit kepala yang disertai gangguan penglihatan bisa menjadi gejala migrain yang serius. Saat sakit kepala, perhatikan apakah penglihatan kamu kabur atau berbayang dan disertai dengan badan lemas. 

Jadi jangan remehkan sakit kepala jika sudah disertai gejala-gejala tadi ya. Jika sakit kepala kemudian hilang, kamu tetap harus mengunjungi dokter untuk mendapat diagnosa dan perawatan yang tepat.

Recommended Articles