10

JUL 19

Tim writer GoodLife

5 Superfood Ini Bisa Bikin Daya Konsentrasi Makin Tinggi

Sukses dimulai dengan konsentrasi dan fokus.

Selain stamina, konsentrasi juga penting banget untuk menjalani hari.

Bayangin aja kalau kita kerja tapi enggak bisa konsentrasi, bukan cuma meleset dari deadline, tapi juga hasil kerja kita bakalan kurang memuaskan. Jika itu terjadi terus-menerus, enggak menutup kemungkinan akan mengancam karier kamu.

Masalah hilang konsentrasi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor antara lain kelalahan, rasa kantuk, atau depresi.

Namun asupan makanan juga bisa mempengaruhi daya konsentrasi seseorang karena kandungan nutrisinya yang diserap baik oleh tubuh.

Supaya daya konsentrasi makin tinggi, kamu perlu makan 5 superfood ini.

 

  1. Salmon

Kandungan DHA dan asam lemak Omega-3 dalam daging ikan salmon bisa membantu meningkatkan fungsi otak dan daya konsentrasi. Hal ini karena asam lemak Omega-3 bisa membantu kinerja sel-sel otak untuk membuat kamu mudah untuk konstrasi dan mendapat mood yang bagus.

 

  1. Kunyit

Akar-akaran yang terkenal sebagai bahan pembuat jamu ini ternyata juga bisa membantu meningkatkan daya konsentrasi. Zat anti inflamasi yang terkandung dalam rempah berwarna kuning khas ini terbukti ampuh sebagai antioksidan dalam darah sehingga memperlancar aliran oksigen ke dalam otak.

Dengan oksigen yang mengalir lancar, kau bisa lebih mudah untuk berkonsentrasi dan memiliki daya ingat yang kuat.

Selain dibuat jamu, kamu juga bisa mengonsumsi kunyit sebagai bahan campuran untuk aneka makanan, misalnya soto, kuah pindang kunyit, atau nasi goreng kunyit.

 

  1.       Avokad

Avokad atau alpukat sudah terkenal kaya akan kandungan lemak baiknya. Lemak baik dan juga kandungan vitamin C, K, dan B, serta asam folat di dalam daging avokad membantu pasokan oksigen ke otak dan itu membuat kinerja otak jadi lebih baik.

Selain dijus, kamu juga bisa mengonsumi avokad dengan cara dibuat salad atau dimakan segitu saja setelah dipotong-potong.

 

  1.       Minyak Zaitun

Seperti yang dilansir dari webmd.com sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal, menemukan bahwa dengan minyak zaitun yang dikonsumsi bisa melindungi memori dan kemampuan kinerja otak.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa menurunkan risiko peradangan otak dan menjadi ‘makanan’ otak yang baik karena bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Kamu bisa mengonsumsi minyak zaitun begitu saja atau dipakai untuk dressing salad atau pasta. Kamu cukup meminum satu sendok minya zaitun untuk membuat daya konsentrasi meningkat seharian.

 

  1.       Kopi

Berbahagialah pagi pecinta kopi dan orang-orang yang punya morning routine minum kopi setiap hari. Kandungan kafein di dalam kopi bisa menstimulasi kerja otak lebih cepat dan mudah untuk konsentrasi.

Bukan cuma itu, secangkir kopi (sebaiknya tanpa gula) bisa meningkatkan asupan oksigen ke dalam otak dan bisa membuat mood kamu lebih bagus dan bersemangat.

Recommended Articles