17

DEC 19

Tim writer GoodLife

Kenali 4 Superfood Dari Lebah Yang Bagus Untuk Kesehatan

Apa yang terbayang dalam benak Goodpeeps ketika mendengar kata ‘lebah’? Mungkin sebagian besar orang akan menjawab madu. Hewan kecil yang hidupnya berkelompok ini memang dikenal sebagai penghasil madu yang dipercaya baik bagi kesehatan tubuh. 

Namun sebenarnya produk yang dihasilkan lebah tidak hanya madu, masih ada produk lainnya yang juga tak kalah khasiatnya, yaitu royal jelly, propolis, dan bee pollen. Yuk, kenali lebih jauh produk-produk dari sang lebah yang tidak hanya baik bagi kesehatan tapi juga kecantikan.

 

Madu

(Image: goodlife.id)

Produk lebah satu ini mungkin menjadi yang paling populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas. Madu dihasilkan lebah dari nektar bunga yang mereka ambil dari berbagai macam pohon. Hal inilah yang membuat produk madu yang sering kita lihat di pasaran ada banyak macamnya. Misalnya madu randu yang dihasilkan lebah dari nektar bunga pohon randu, begitu juga lainnya seperti karet, kelengkeng, mangga, sirsak, dll.

Madu mengandung unsur monosakarida, fruktosa dan glukosa sehingga memberikan rasa manis yang khas. Oleh karena itu tidak jarang juga madu digunakan sebagai pengganti gula dalam minuman atau makanan karena dinilai lebih baik bagi tubuh. Tidak hanya bagi mereka yang sedang menjalani diet tapi juga bagi penderita diabetes, madu mungkin bisa menjadi alternatif gula yang baik. Namun, tetap saja kita masih perlu membatasi konsumsinya.

Madu juga dikenal mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan dan dapat menghindari tubuh dari penyakit seperti serangan jantung, stroke, ataupun kanker. Konsumsi madu yang dicampur dengan air hangat dapat membuat tubuh terasa segar dan menjaga agar tidak mudah drop. Selain itu, kandungan kalori yang terdapat di dalam madu dapat membantu menyerap lemak dengan baik, terutama apabila dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Cocok bagi kalian yang sedang menjalani diet!

 

Royal Jelly

(Image: goodlife.id)

Royal jelly merupakan zat yang disekresikan oleh lebah pekerja untuk digunakan sebagai makanan sang ratu lebah dan larva lebah madu. Zat ini berguna untuk membantu si ratu lebah dalam proses ‘prokreasi’ dan memberikan makanan kepada larva lebah madu agar dapat berkembang secara maksimal. Royal jelly ini juga sering diibaratkan sebagai susu yang dihasilkan oleh lebah. 

Royal jelly banyak mengandung vitamin B kompleks yang dapat membantu proses metabolisme tubuh serta meningkatkan energi. Selain itu, kandungan kolagen di dalamnya baik bagi kesehatan kulit sehingga dapat menekan efek penuaan dini. 

 

Propolis

(Image: goodlife.id)

Mungkin sudah banyak yang pernah mendengar produk propolis, tapi apakah Goodpeeps sudah tahu apa itu sebenarnya propolis? Propolis merupakan semacam getah yang dihasilkan lebah, khususnya lebah madu, dari campuran getah pohon dan zat alami yang ada pada tubuh lebah. Memiliki tekstur yang lengket dan berwarna cokelat kehijauan, propolis biasanya digunakan para lebah sebagai lapisan untuk membangun sarang mereka.

Propolis dikenal dapat membantu menyembuhkan infeksi atau peradangan karena memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Selain itu, propolis juga tinggi akan kandungan polifenol, yaitu antioksidan yang dapat melawan penyakit di dalam tubuh. 

 

Bee pollen

Bee pollen merupakan campuran dari serbuk sari bunga, nektar, enzim, madu, lilin serta sekresi lebah. Para lebah madu mencari makan dengan mengumpulkan serbuk sari dari tanaman dan membawanya ke sarang lebah, kemudian para lebah pekerja membentuknya menjadi gumpalan-gumpalan di dalam sarang yang juga dijadikan sebagai sumber makanan.

Bee pollen mengandung sejumlah zat penting seperti asam amino, vitamin dan mineral, enzim, protein, karbohidrat, dan lemak. Berbagai macam senyawa antioksidan terkandung di dalam bee pollen sehingga dikatakan baik bagi kesehatan terutama untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

Wah, ternyata si serangga kecil satu ini banyak memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan ya! Yuk, mulai coba konsumsi produk lebah agar tetap sehat!

 

Recommended Articles