12

JUL 19

Tim writer GoodLife

Lebih Baik Sewa atau Beli Rumah?

Ayooo diitung - itung duitnya

Barang-barang di kos atau apartemen sudah mulai menumpuk dan kamu mulai berpikir untuk pindah ke rumah dengan space yang tentunya lebih besar. Namun sebaiknya membeli rumah atau menyewanya saja, ya? Apa, sih, kelebihan dan kekurangan dua opsi itu?

Menyewa Rumah

Kelebihan:

1. Bebas uang muka.

2. Maintenance rumah jadi tanggung jawab pemilik rumah.

3. Biayanya jauh lebih terjangkau dibanding membeli rumah, dan bisa dipilih sesuai dengan kemampuan financial, misalnya bayar bulanan atau tahunan.

4. Mudah untuk pindah jika ternyata tidak cocok dengan lingkungan sekitar, pindah pekerjaan atau berselisih dengan pemilik rumah.

 

Kekurangan:

1. Aset tidak pernah jadi hak milik.

2. Biaya sewa yang biasanya naik setiap tahunnya.

3. Risiko berpindah-pindah jika ternyata tidak cocok tinggal di rumah tersebut cukup memakan waktu, tenaga dan biaya.

Membeli Rumah

Kelebihan:

1. Aset menjadi hak milik.

2. Investasi jangka panjang yang nilainya bakal terus bertambah.

 

Kekurangan:

1. Biaya yang harus dikeluarkan di awal sangat besar.

2. Jika membeli melalui KPR harus berkomitmen untuk mencicil setiap bulan.

3. Membayar dan mengurus surat-surat dan pajak.

4. Jika kredit macet di tengah jalan karena kamu kehilangan pekerjaan atau kamu ternyata merasa kurang cocok tinggal di rumah tersebut, akan butuh waktu lama untuk menjualnya.

 

Jadi, lebih baik membeli atau menyewa rumah? Semua kembali pada kebutuhan dan kemampuan financial kamu. Namun sebaiknya hal tersebut direncanakan jauh-jauh hari sebelum menikah. 

Misalnya, saat lajang opsi menyewa rumah bisa menjadi alternatif sementara sambil kamu menabung sampai bisa membeli rumah. Intinya, sebelum membeli rumah kamu harus memastikan punya pekerjaan yang mantap dan perencanaan keuangan yang baik.

Apapun keputusan kamu, pikirkan masak-masak karena rumah adalah tempat yang seharusnya nyaman buat kamu tinggali jangka panjang.

Recommended Articles