25

DEC 19

Tim writer GoodLife

Food Craving, Begini Cara Mencegahnya

Salah satu musuh besar pelaku diet adalah food craving. Apa itu?

Pernah merasa pengin banget makan makanan tertentu padahal baru saja makan? Atau ngemil terus-terusan meskipun sudah kenyang? Ini yang disebut food craving. Jenis makanan yang diincar para food craving bervariasi, tetapi kebanyakan makanan-makanan junk food yang tinggi gula. Craving juga merupakan salah satu penyebab utama seseorang punya masalah dengan berat badan.

Nah, bagaimana mencegahnya, apalagi sudah mulai liburan natal dan tahun baru yang godaanya akan lebih berat?

 

1.  Banyak minum  

Craving seringkali tak berkaitan dengan rasa lapar dan sebetulnya hanya dipicu oleh rasa haus. Jadi, setiap kali merasa pengin makan sesuatu, coba minum segelas besar air dan tunggu beberapa menit. Jika rasa lapar hilang, berarti penyebabnya adalah haus. Minum banyak air juga punya banyak manfat kesehatan. 

 

2.  Makan makanan berprotein

Konsumsi makanan yang kaya protein bisa mengurangi nafsu makan dan mencegah dari makan berlebihan. Selain itu, makanan tinggi protein juga mencegah craving dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

 

3.  Jauhkan diri dari makanan

Begitu merasa pengin makan terus, segera menjauh dari makanan. Cari aktivitas lain yang bisa mengalihkan pikiran dari makanan. Studi menunjukkan, makan permen karet disebut-sebut bisa membantu mencegah food craving.

 

4.  Rencanakan makan

Jika memungkinkan, buatlah jadwal menu untuk seminggu ke depan. Ini akan membantu mengurangi faktor spontanitas dan makan makanan apa saja. Jadwal menu ini akan membuat pikiran tidak memikirkan makanan apa yang akan dikonsumsi.

 

5.  Hindari lapar berat

Rasa lapar memang merupakan alasan kita mengalami craving. Untuk menghindari lapar berat, makanlah secara teratur dan sediakan camilan sehat. Menghindari lapar berat dalam jangka waktu lama akan mencegah kita makan tak teratur.

 

6.  Lawan stres

Stres bisa memicu food craving dan mempengaruhi kebiasaan makan kita. Perempuan yang mengalami stres misalnya, terbukti makan lebih banyak kalori dan mengalami food craving ketimbang perempuan yang tidak stres. Stres juga akan meningkatkan kadar kortisol, hormon yang bisa meningkatkan berat badan. Jadi, hindari stres agar terhindar dari food craving.

 

7.  Cukup tidur

Nafsu makan kebanyakan dipengaruhi oleh hormon yang berfluktuasi sepanjang hari. Kurang tidur akan berpengaruh terhadap hormon-hormon tersebut sehingga memicu nafsu makan dan keinginan untuk ngemil. Tidur berkualitas merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah food craving.

Recommended Articles