13

MAY 20

Tim writer GoodLife

10 Alasan Kenapa Kita Harus Makan Alpukat

Buah yang satu ini memang dikenal mengandung banyak nutrisi dan manfaat lainnya yang baik untuk tubuh. Tak hanya enak, alpukat memang layak dikonsumsi karena manfaatnya bagi kesehatan. Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health, disebutkan kalau konsumsi alpukat dapat mendukung kesehatan jantung, menstabilkan berat badan, dan tetap sehat meski usia sudah menua, wow hebat bukan?

Berikut ini 10 alasan kenapa kita harus rajin mengonsumsi alpukat.

1. Kaya kandungan gizi

Alpukat disebut-sebut sebagai buah yang sangat bergizi karena mengandung berbagai nutrisi,  vitamin dan mineral. Kandungan tersebut diantaranya meliputi :

- Vitamin K : 26%

- Folat : 20%

- Vitamin C : 17%

- Kalium : 14%

- Vitamin B5 : 14%

- Vitamin B6 : 13%

- Vitamin E : 10%

Selain itu, ada juga sebagian kecil kandungan lainnya yang menambah buah ini semakin bergizi. Mereka adalah magnesium, mangan, zinc, fosfor, vitamin A, B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), dan B3 (Niacin).

 

2. Kaya kandungan serat

Satu biji alpukat mengandung sekitar 14 gram serat. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan, menyeimbangkan kadar gula darah untuk mencegah diabetes tipe 2, dan membantu mengatur berat badan supaya tetap ideal, serta membuat kita merasa kenyang lebih lama. 

 

3. Kandungan gulanya rendah

Alpukat termasuk buah-buahan yang mengandung kurang dari 1 gram gula pada setiap 1 ons-nya. Angka ini merupakan yang terendah dibandingkan kandungan gula pada buah lainnya.

 

4. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Alpukat berperan sebagai “nutrient booster” atau meningkatkan penyerapan nutrisi. Alpukat membantu tubuh menyerap nutrisi yang larut dalam lemak dengan lebih baik, seperti Vitamin A, D, E, K, dan antioksidan seperti alfa dan beta karoten, serta lutein. 

 

5. Menurunkan kolesterol dan kadar trigliserida

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Diketahui bahwa beberapa masalah seperti kolesterol, trigliserida, inflamasi, tekanan darah dan berbagai lainnya dikaitkan dengan peningkatan risiko terhadap penyakit jantung. Ada sebuah studi yang memperlihatkan bahwa kandungan dalam alpukat mampu meredam resiko tersebut.

Beberapa manfaatnya untuk pengurangan risiko di atas adalah sebagai berikut.

- Mengurangi kadar kolesterol secara signifikan.

- Mengurangi trigliserida darah hingga 20%.

- Menurunkan kolesterol LDL (yang buruk) hingga 22%.

- Meningkatkan kolesterol HDL (yang baik) hingga 11%.

 

6. Baik bagi kesehatan mata

Salah satu kandungan nutrisi yang paling penting dari alpukat adalah lutein, yaitu senyawa karotenoid, phytonutrient dan antioksidan alami. Satu buah alpukat mengandung 81 mcg lutein yang dapat membantu kesehatan mata. Mengonsumsi lutein dapat mengurangi risiko degenerasi makula mata karena usia.

 

7. Mengandung lemak baik 

Tubuh membutuhkan lemak dan 75% dari lemak yang terdapat pada alpukat merupakan lemak tak jenuh (polyunsaturated fat) dan lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat). Kedua jenis lemak ini sehat dan penting bagi kesehatan jantung, kadar gula darah yang seimbang, serta kesehatan hormon. Lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga membantu menyehatkan kulit, rambut, dan kuku.

Selain lemak tak jenuhnya, dalam alpukat juga terdapat asam oleat yang dapat digunakan untuk memproduksi minyak zaitun. Asam oleat ini pun mampu mengurangi peradangan dan zat pemicu kanker dalam tubuh.

 

8. Sebagai anti-inflamasi

Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-peradangan. Kombinasi unik dari buah alpukat, seperti vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, fitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan. Ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.

 

9. Sebagai pencegahan kanker

Ada sebuah bukti yang menunjukkan bahwa alpukat bermanfaat dalam proses pengobatan dan pencegahan kanker. Bukti ini terlihat dari test-tube yang dapat membantu mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit manusia. Lalu, efek lainnya juga telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat di laboratorium.

 

10. Sebagai makanan alternatif diet

Karena tingginya kandungan serat dan karbohidrat, membuat alpukat salah satu makanan yang cocok untuk kamu saat menjalankan program diet. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang telah mengkonsumsi alpukat merasa 23% lebih puas dan 28% lainnya memiliki keinginan lebih rendah untuk makan lagi setelah 5 jam berikutnya. Dari sini, maka dapat dilihat bahwa alpukat dapat menurunkan berat badan.

 

Bagaimana Goodpeeps? Yuk mulai sekarang rajin konsumsi alpukat supaya kita bisa dapatkan semua manfaat baiknya!

Recommended Articles