12

MAR 20

Tim writer GoodLife

5 Makanan Fermentasi Menyehatkan Ini Wajib Dikonsumsi

Suka tempe? Ternyata, makanan asli Indonesia ini tak hanya enak, tetapi juga sangat bagus bagi kesehatan. Kaya kandungan protein, bakteri baik pada makanan yang difermentasi ini akan membantu menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga berat badan tetap seimbang.

 

Makanan atau minuman yang difermentasi ternyata tak sekedar menghadirkan citarasa yang khas, tetapi juga sangat baik bagi kesehatan. Selain membantu meningkatkan kinerja pencernaan, makanan yang difermentasi juga meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga berat badan tetap seimbang. 

 

Makanan seperti yogurt dan kimchi kaya probiotik (bakteri baik) yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Bakteri baik ini tumbuh dan berkembang selama proses fermentasi. Nah, berikut makanan fermentasi yang baik bagi kesehatan.

 

1.  Kimchi

Kimchi merupakan kol yang difermentasi dan merupakan salah satu makanan khas Korea. Memiliki citarasa tajam atau pedas, kimchi bisa dikonsumsi sebagai sayuran maupun dijadikan topping untuk burger atau tacos misalnya. 

 

2.  Kefir

Minuman fermentasi yang mirip yogurt ini kaya kandungan kalsium dan probiotik. Seperti halnya yogurt, probiotik pada kefir membantu memecah laktosa sehingga lebih mudah dicerna oleh mereka yang memiliki intolerasi laktosa. Kefir enak diminum begitu saja maupun diolah menjadi minuman lain seperti smoothies misalnya.

 

3.  Kombucha

Minuman dengan citarasa tajam serta berbuih seperti teh hitam atau teh hijau ini kaya kandungan jamur dan bakteri baik. Biasanya, minuman kombucha diberi buah atau bumbu rempah sebagai perasa. 

 

4.  Miso

Pasta fermentasi yang terbuat dari barley, beras atau kedelai ini kaya kandungan sodium. Biasanya dipakai untuk membuat sup, tetapi bisa juga dijadikan dressing salad dan marinade. Miso memberi citarasa pada makanan serta sangat bagus bagi kesehatan pencernaan.

 

5.  Tempe

Makanan tradisional yang sangat populer di negeri kita ini terbuat dari kedelai yang difermentasi. Mirip dengan tofu dan sama-sama mengandung protein tinggi, tempe juga merupakan sumber probiotik yang sangat baik, karena mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Sering menjadi pilihan sumber protein bagi para vegetarian.

Recommended Articles