14

DEC 19

Tim writer GoodLife

Terlalu Sering Pakai Hair Dryer Bikin Rambut Rontok 

Meskipun banyak manfaatnya, memakai hair dryer terlalu sering juga bisa menimbulkan dampak negatif, lho.

Tak punya banyak waktu untuk mengeringkan dan merapikan rambut? Salah satu solusinya adalah memakai pengering rambut atau hair dryer. Selain mengeringkan rambut lebih cepat, hair dryer juga membuat rambut jadi lebih lembut, serta mudah diatur dan dibentuk. 

Manfaat hair dryer lainnya adalah efektif mencegah bakteri menumpuk atau berkembang di kulit kepala, juga mencegah ketombe, iritasi, dan masalah kulit kepala lainnya. Teknologi yang makin berkembang juga membuat hair dryer sekarang lebih canggih, bisa diatur sedemikian rupa sehingga mengurangi resiko kerusakan rambut.

Namun, memakai hair dryer terus menerus juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi rambut. Beberapa kondisi akibat pemakaian hair dryer yang terlalu sering atau cara pemakaian hair dryer yang keliru antara lain membuat rambut jadi kering dan dehidrasi, bisa juga membuat rambut jadi kehilangan kecerahan alias kusam, serta rambut jadi lebih mudah rontok.

Ini terjadi karena ketika memakai hair dryer, pori-pori kulit kepala akan menjadi lebih terbuka sehingga rambut jadi lebih mudah rontok. Lapisan terluar rambut atau yang disebut kutikula juga bisa rusak akibat pemakaian hair dryer yang terlallu sering. Padahal, kutikula memiliki fungsi penting bagi rambut, yakni sebagai pelindung rambut dari berbagai masalah. Suhu tinggi dari hair dryer juga dapat menyebabkan munculnya gelembung rambut yang membuat rambut menjadi mudah pecah dan rusak. 

Cara pemakaian hair dryer yang tidak tepat juga bisa membuat rambut jadi rusak dan kusam. Nah, agar hair dryer tidak menimbulkan dampak negatif, beberapa tips berikut bisa membantu mengurangi damak negatif pemakaian hiar dryer yang terlalu sering. 

Yang wajib diperhatikan saat memakai hair dryer antara lain adalah suhu hair dryer tak boleh lebih dari 45 derajat C. Selain itu, jarak antara mulut hair dryer dan rambut tak boleh kurang dari 15 cm. Yang tak kalah penting, gunakan hair dryer secara merata ke seluruh area rambut, jangan hanya diam statis mengarah ke satu bagian rambut.

Recommended Articles