15

JUL 19

Tim writer GoodLife

Mengintip indahnya Desa Adat Favorit Para Traveller

Ini 7 desa adat favorit para traveller

Desa Adat Favorit Para Traveller

 

Traveling nggak cuma sekadar menikmati pemandangan alam.

 

Mengenal dan merasakan adat asli suku tertentu di desa adat juga nggak kalah seru. Kamu bahkan bisa merasakan seperti terlempar dengan mesin waktu ke masa lalu.

 

Karena desa adat berikut ini benar-benar menyuguhkan kehidupan asli yang dipegang teguh sejak zaman dahulu.

 

Ini 7 desa adat favorit para traveller.

 

1.   Desa Penglipuran, Bali

Ini salah satu desa adat yang lagi hype banget dikunjungi traveller. Selain sangat bersih dan tertata rapi, kamu juga bisa melihat keharmonisan masyarakat di sana.

 

Begitu masuk, kamu langsung disuguhi pemandangan deretan rumah dengan arsitektur khas Bali dengan lingkungan asri dan bebas kendaraan bermotor.

 

Karena kebersihannya, Desa Penglipuran pernah meraih predikat desa terbersih di dunia.

 

2.   Desa Adat Kampung Naga, Tasikmalaya

Memasuki Kampung Naga, kamu seperti kembali ke zaman dahulu. Semua warga di kampung ini masih memegang tegus adat istiadat peninggalan nenek moyangnya.

 

Kamu juga bisa melihat bagaimana kehidupan mereka bercocok tanam dan mengolah hasil bumi yang sangat alami. Sesuatu yang sulit ditemui di desa lainnya.

 

3.   Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Bukan cuma traveller dalam negeri, Desa Wae Rebo ini juga jadi destinasi favorit turis manca negara.

 

Selain kehidupan warganya yang masih alami sesuai adat istiadat, pemandangan alam desa yang berada di perbukitan ini juga sangat indah.  

 

Kamu juga bisa puas berfoto dengan latar rumah tradisional bernama Mbaru Niang.

 

4.   Desa Adat Ke’te Kesu, Tana Toraja

Jika penasaran dengan ritual suku Tana Toraja, kamu bisa datang ke desa ini. Kamu bisa melihat kearifan lokal seperti bagaimana warga suku desa Ke’te Kese memperlakukan tubuh orang yang sudah mati.

 

Kamu juga bisa puas melihat rumah adat Tongkonan dengan bentuk khas menyerupai perahu.

5.   Desa Adat Baduy, Banten

Desa Baduy sudah terkenal sangat menolak pengaruh dari modernisasi. Untuk berkunjung ke desa Baduy Dalam, kamu harus menyiapkan fisik untuk berjalan kaki.

 

Jika ingin menginap dan merasakan kehidupan asli Suku Baduy, kamu dilarang membawa barang-barang yang dianggap mencemari lingkungan, seperti sabun, shampo, ataupun senter.

 

6.   Nagari Pariangan, Sumatera Barat

Desa yang pernah terpilih sebagai salah satu dari lima desa terindah di dunia versi majalah traveling internasional ini memang layak dikunjungi.

 

Banyak traveller yang penasaran dengan keindahan alam, kehidupan warganya, dan juga bangunan-bangunan kuno asli peninggalan leluhur yang masih terawatt.

 

Di bagian tengah desa berdiri masjid Ishlah, yang mencolok karena arsitekturnya bukan seperti rumah gadang tetapi mengadopsi gaya dataran tinggi Tibet.

 

7.   Desa Adat Terunyan, Bali

Selain Desa Penglipuran, Bali juga punya desa adat lainnya yang nggak kalah indah dan unik, yaitu desa adat Terunyan.

 

Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan secara langsung upcara pemakaman jenazah di atas batu besar. Uniknya, semua jenazah yang diletakkan di atas batu besar itu nggak mengeluarkan bau sama sekali.

 

Itulah daya tarik Desa Terunyan yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Recommended Articles