24

JAN 20

Tim writer GoodLife

Jaga Kekebalan Tubuh Dengan Makanan Berprotein Ini

Akhir-akhir ini kita dikejutkan dengan berita wabah virus corona yang berasal dari China, bahkan Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) mendesak negara-negara untuk menjalankan usaha pencegahan lewat fasilitas kesehatan. Penyakit yang belum diketahui penyebab dan cara penyembuhannya ini kemunculannya cepat dan sangat tiba-tiba. Orang yang tertular biasanya mengalami gejala mirip pneumonia yaitu sesak nafas, batuk, demam dan ganguan pernapasan lainnya. 

Sementara itu langkah-langkah pencegahan hal paling utama yaitu dari diri sendiri seperti menghindari bepergian ke negara-negara terinfeksi. Hal terpenting lainnya adalah kita harus menjaga daya tahan tubuh , makanan dan minuman secara cukup. Cuci tanganmu baik sebelum dan sesudah makan atau setelah kembali dari bepergian.

Menjaga daya tahan tubuh bisa melalui makanan, seperti makanan yang berprotein. Mulai dari membantu sistem kekebalan tubuh, protein juga menjadi bahan pembentukan sel dan jaringan tubuh. Untuk mencukupi asupan protein yang tepat, kamu bisa mencoba beberapa pilihan menu sarapan yang kaya nutrisi dan gampang dicoba. 

1.  Telur putih orak-arik

Kandungan protein sebesar 3,6 gram pada setiap putih telur, ditambah sayuran dan bumbu rempah akan memberi kita cukup protein dan serat untuk menjalani aktivitas seharian. Boleh juga ditambah roti lapis gandum untuk menambah cadangan energi.

 

2.  Yogurt dengan buah, kacang, dan gandum

Jika butuh protein di pagi hari, yogurt bisa menjadi pilihan yang baik. Setengah cangkir yogurt mengandung lebih dari 17 gram protein. Tambahkan stroberi, blueberi, atau potongan buah persik (peach) untuk memperoleh karbohidrat, segenggam kacang-kacangan untuk protein dan lemak baiknya, serta oat sebagai sumber serat. 

 

3.  Smoothies

Jika tak sempat menyiapkan menu sarapan yang hangat atau panas, smoothies yang kaya protein bisa menjadi alternatif. Coba bikin smoothies dari susu almond atau susu whey yang kaya protein, tambahkan buah dan sayuran segar.

 

4.  Oatmeal dan flaxseed 

Oat dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat cocok dijadikan menu sarapan. Tapi tunggu dulu, coba campur oatmeal dengan flaxseed (biji rami), maka kita akan mendapatkan menu vegetarian yang tak hanya kaya protei, tetapi juga menambah energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas seharian.

 

5.  Salmon asap dan roti lapis

Daging rendah lemak seperti salmon asap sangat cocok untuk sarapan. Padukan salmon asap dengan roti lapis gandum supaya kita memperoleh energi yang cukup untuk menjalani aktivitas apa saja.

 

6.  Roti lapis avokad

Avokad dikenal mengandung lemak baik yang sangat bagus bagi kesehatan. Avokad juga bisa menjadi pilihan menu sarapan yang tak hanya sehat tetapi juga enak. Tambahan sayuran dan telur pada roti lapis avokad akan memberi kita serat dan protein yang penting untuk menunjang aktivitas yang padat. 

 

7.  Overnight oat 

Rendam oat gandum dengan susu almond atau susu rendah lemak selama semalaman, lalu hidangkan sebagai menu sarapan yang enak dan penuh nutrisi. Jika citarasanya dirasa kurang, tambahkan yogurt, susu whey, atau buah sehingga kandungan protein, serat dan karbohidratnya cukup untuk bekal aktivitas seharian. 

Recommended Articles