18

MAR 20

Tim writer GoodLife

Termasuk Superfruit, Ini Jenis- Jenis Berry dan Manfaatnya

Berries atau buah-buahan berry memiliki berbagai macam jenis di seluruh dunia. Yang menjadi ciri khas semua buah berries adalah bentuknya yang bulat kecil, berair, dan memiliki rasa yang asam-manis dan menyegarkan. Di seluruh dunia, buah berries dapat tumbuh, ada yang liar dan ada juga yang dibudidayakan. Meski beberapa jenis berries ada yang berancun, namun hampir semua memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan. Enggak heran jika berries termasuk sebagai salah satu superfruit, buah yang kaya manfaat.

Berikut ini jenis berries dan manfaatnya

Blueberry

Seperti namanya, buah ini memiliki warna biru tua yang mencolok. Warna tersebut berasal dari senyawa yang disebut anthocyanin yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada blueberry bermanfaat untuk melindungi dari kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, demensia, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk setengah cangkir blueberry hanya mengandung 40 kalori saja sehingga cocok dikonsumsi saat menjalani program diet. Selain kaya antioksidan, blueberry juga mengandung air, serat, vitamin C, K, serta zat mangan, antioksidan polifenol dan flavonoid yang bisa mempertahankan fungsi kerja otak dan ingatan.

Raspberry

Raspberry memiliki rasa buah berries yang khas yaitu manis dan agak asam. Bentuknya sangat unik, dengan warna merah cerah dan tekstur bergelombang dan lembut. Dalam 123 gram raspberry terkandung 64 gram kalori, 8 gram serat, 36% vitamin C dari konsumsi harian, 8% vitamin K dari konsumsi harian dan mangan.

Kandungan antioksidan dalam blueberry juga sangat tinggi sehingga memberi manfaat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker, serta diabetes. Mengonsumsi raspberry secara rutin juga memberi manfaat bagi kesehatan kulit sebagai anti penuaan dini, memperbanyak produksi kolagen, serta menangkal bahaya radikal bebas dari paparan sinar UV.

Blackberry

Blackberry juga sebagai sumber vitamin C yang sangat tinggi dan mengandung vitamin K, serat, serta mangan. Oleh karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi, blackberry memiliki sifat antioksidan sehingga meregenerasi kulit, mencegah berbagai penyakit kulit, dan melawan radikal bebas.

Sementara itu kandungan polifenol bisa membantu mengtasi peradangan yang mengarah pada penyakit jantung dan kanker. Meski memiliki rasa manis sedikit asam, namun kandungan gula dalam blackberry sangat kecil. Dalam satu cangkir blackberry hanya memiliki kandungan gula 7 gram saja.

Strawberry

Buah berry yang paling mudah dan sering dijumpai di pasaran adalah strawberry. Buah dengan bentuk khas berwarna merah ini punya rasa asam manis yang menyegarkan. Pantas saja karena kandungan vitamin C dalam strawberry sangat tinggi. Dengan mengonsumsi satu cangkir buah strawberry maka kebutuhan vitamin C harian kamu langsung terpenuhi.

Selain itu, strawberry juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan serta mengontrol kadar gula darah. Dalam satu takar penyajian atau 144 gram, strawberry mengandung 46 gram kalori, 3 gram serat, 97% vitamin C dari konsumsi harian hingga asam folat, serat dan antioksidan.

Goji Berry

Nilai gizi dan nutrisi yang terkandung dalam goji berry sangat inggi dan lengkap, antara lain vitamin A, B1, B2, vitamin C, zat besi, kalium, seng, tembaga, lemak, serat, dan karbohidrat. Sehingga tidak heran jika buah asal negeri Tiongkok ini termasuk ke dalam superfruit dan sudah lama digunakan sebagai bahan-bahan alami pengobatan khas Tiongkok.

 

Baca juga : Selain Jeruk Ini Makanan Tinggi Vitamin C

Recommended Articles