23

DEC 19

Tim writer GoodLife

Support Local Farmer, Yuk Belanja di Tempat-Tempat Ini

Di era serba digital ini, semua bisa dilakukan dengan mudah. Termasuk belanja sayur. Ternyata kemajuan teknologi tak meninggalkan petani lokal sendirian. Saat ini sudah banyak aplikasi berbasis digital yang menjembatani langsung antara petani dan pembeli.

Hal ini tentu memberi banyak keuntungan, baik bagi petani maupun konsumen. Petani bisa lebih mudah menjual hasil pertaniannya, konsumen juga tanpa repot keluar rumah, bisa mendapat sayuran dan buah-buahan yang lebih fresh karena langsung diantar dari petani ke rumahnya.

Sebelumnya, kita pasti sering mendengar keluhan para petani lokal untuk yang kerap mengalami kesulitan menjual hasil produksinya. Belum lagi harus bersaing dengan pasar swalayan dan persoalan rantai distribusi yang panjang.

Nah, untuk mendukung perekonomian petani lokal, yuk dukung mereka dengan cara membeli hasil pertanian langsung dari mereka.

Selain kamu bisa belanja di pasar tradisional yang masih lebih banyak menampung hasil pertanian lokal, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi berikut ini.

1.  Tukangsayur.co

Aplikasi ini dibuat berdasarkan pengalaman pendirinya, Chelly Triwibowo yang kesulitan ketika ingin membeli keperluan rumah tangga. Bersama kedua temannya, Chelly akhirnya menciptakan Tukangsayur.co untuk membantu petani memasarkan hasil pertaniannya pada pasar yang lebih luas dan juga membantu konsumen seperti dirinya untuk bebas memilih sayuran yang akan dibelinya langsung dari pertanian.

Untuk membeli sayuran dan hasil pertanian lainnya di aplikasi ini, kamu bisa melakukan pemesanan dari pukul 09.00 hingga 21.00. Pesanan kamu akan diproses oleh mitra Tukangsayur.co dengan radius yang terdekat dari lokasi kamu. Kemudian pesanan akan diantarkan di hari berikutnya.

 

2.  TaniHub

Startup yang didirikan pada tahun 2015 ini memberdayakan petani lokal dengan memberi akses untuk memasarkan produk pertaniannya pada pasar yang lebih luas. Berbagai macam hasil pertanian bisa kamu pilih di sini, seperti sayuran, buah-buahan, hingga telur.

Tak hanya menyasar pembeli individu, TaniHub juga punya klien perusahaan ritel dan restoran untuk menyerap hasil pertanian langsung dari petaninya.

 

3.  Limakilo

Aplikasi buatan anak muda lulusan STT Telkom Bandung ini juga sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh petani lokal. Limakilo berhasil memperpendek rantai distribusi dari petani ke konsumen. Hal ini berdampak pada semakin tingginya keuntungan yang diterima para petani lokal.

Saat ini fokus jualan mereka adalah bawang merah karena melihat banyaknya sentra-sentra produksi bawang merah di Indonesia. Belum lagi, jenis bumbu dapur yang snagat penting ini sering mengalami ketidakstabilan harga.

 

4.  Pak Tani Digital

Seperti aplikasi produk pertanian lainnya, Pak Tani Digital juga menyediakan belanja online aneka sayuran langsung dari petani lokal. Selain belanja aneka sayuran, kamu juga bisa melihat perbandingan harga-harga sayuran dari waktu-waktu sebelumnya.

 

Yuk, support para petani kita sekalian bisa hidup sehat dengan belanja sayuran langsung dari petani lokal. Selain membantu perekonomian petani lokal, kamu pun bisa mendapat aneka sayuran yang lebih segar.

SUPPORT LOCAL FARMER FARMER MARKET ORGANIC ONLINE STORES

Recommended Articles