20

FEB 20

Tim writer GoodLife

Ternyata Penderita Maag Aman Melakukan Diet

Gimana mau diet, telat makan sedikit aja asam lambung langsung naik.

Kondisi seperti ini bikin penderita mag ragu untuk mulai diet. Padahal ternyata jika tahu triknya, penderita mag aman kok, untuk berdiet.

Diet, tepatnya diet sehat, bagi penderita maag nggak mustahil dilakukan. Bukan artinya membatasi asupan makanan dengan porsi yang sangat ketat, namun lebih pada mengatur jumlah dan jenis makanan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Berat badan normal juga ternyata bisa meredakan meningkatnya asam lambung.

Bagaimana trik-triknya agar penderita maag aman melakukan diet?

 

1.Tinggi Protein Rendah Kalori

Pilih makanan yang aman untuk asam lambung dan nggak bikin berat badan naik, seperti makanan tinggi protein namun rendah kalori dan lemak. Contohnya, daging ikan, daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, telur ayam.

 

2.Asupan Karbohidrat

Ternyata kebanyakan karbo juga memicu naiknya asam lambung, terlebih makanan olahan seperti roti atau cake. 

Lebih baik kamu mendapat asupan karbo kompleks dengan kandungan serat tinggi dari nasi merah, roti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah-buahan.

 

3.Atur Porsi dan Jadwal

Buar penderita mag pasti sudah khatam dengan aturan “makan sedikit tapi sering”. Anjuran ini betul banget, Goodpeeps. Makan dalam porsi kecil 5-6 kali sehari dengan jadwal teratur selain menurunkan gejala asam lambung juga membantu kamu mengendalikan nafsu makan.

 

4.Olahraga Intensitas Sedang

Mengatur porsi makan bukan berarti kamu nggak melakukan aktivitas fisik, termasuk olahraga. Sebaiknya pilih olahraga berintensitas sedang karena olahraga intensitas tinggi dapat membuat asam lambung naik. Kamu bisa coba bersepeda, jogging, jalan cepat, yoga, pilates atau renang 2-3 kali seminggu.

 

5.Hindari Pemicu

Tetap konsisten menghindari makanan-makanan yang mengandung gas dan berpotensi meningkatkan asam lambung, seperti makanan pedas, makanan berlemak dan gorengan, makanan olahan, makanan asam, kopi, kol, durian, nangka, ketan, minuman bersoda dan alkohol.

 

6.Tidak Drastis

Jangan berharap berat badan akan langsung turun drastis. Lebih baik turun sedikit demi sedikit asal tetap bugar.

 

7.Camilan Sehat

Jangan skip camilan. Siapkan crakers sehat, granola bar, atau buah-buahan yang tidak terlalu asam. Hindari buah nangka, kedondong, mangga, durian, nanas. 

Jadi, bukan lagi alasan penderita mag nggak bisa berdiet. Dengan konsisten melakukan aturan-aturan tadi, asam lambung tidak naik dan kamu bisa menjaga berat badan di angka normal. Selamat mencoba, Goodpeeps!

Recommended Articles