17

JUL 19

Tim writer GoodLife

Seks Sehat Itu yang Seperti Apa sih? Ketahui 8 Fakta Berikut 

No 4 patut dicoba !

Seks yang hangat dan sehat sangat penting bagi sebuah hubungan. Nah, 8 fakta berikut bisa membantu mencapai seks yang sehat. 

 

1.   Seiring waktu, kuantitas seks menurun tetapi kualitas meningkat

Meskipun ada juga pasangan yang tetap hangat sepanjang usia pernikahan, umumnya kuantitas seks pasangan akan menurun seiring bertambahnya usia. Namun, di sisi lain kualitasnya biasanya akan meningkat. 

 

2.   Kepuasan harus sama-sama diperoleh

Persamaan hak juga berlaku di kamar tidur. Memikirkan kepuasan sendiri dan menafikan kepuasan pasangan bisa menjadi masalah. Jika ini terus terjadi, lama-lama hubungan bisa terganggu. Sebuah hubungan yang sehat, termasuk dalam hal seks, akan saling menghargai, termasuk dalam hal memberikan kepuasan seksual.

 

3.  Seks juga butuh kompromi

Intinya, melakukan apa yang diinginkan pasangan meskipun sebetulnya tak begitu suka sangat penting. Misalnya jika pasangan menginginkan posisi seks tertentu. Tentu saja, meskipun mengiyakan kemauan pasangan, bukan berarti lantas mengabaikan kenyamanan diri. Bicarakan dengan pasangan, apa yang kita harapkan, begitupun sebaliknya.

 

4.   Hal-hal baru patut dicoba supaya tak jenuh

Jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru bersama pasangan. Sebagai manusia, sesekali pasti merasakan kejenuhan, termasuk dalam hal seks. Dan ini sangat bisa dimaklumi. Apalagi bagi pasangan yang sudah menjalin hubungan bertahun-tahun. Jika seks berjalan begitu-begitu, rasa jenuh dan bosan bisa makin menjadi.

 

5.Orgasme tak selalu menjadi tujuan utama 

Orgasme merupakan salah satu tujuan seks. Tetapi, hanya fokus pada pencapaian orgasme tentu bisa membuat seks menjadi sangat membosankan. Apalagi jika masing-masing sudah hapal sentuhan mana yang langsung bisa membuat pasangan “on” dan orgasme. Padahal, orgasme tak hanya bisa muncul karena aktivitas fisik tetapi karena sentuhan emosional. Misalnya bisikan mesra atau tatapan mata. 

 

6.   Seks bukan alat untuk meredakan konflik

Banyak yang bilang bahwa seks bisa membantu meredakan ketegangan yang terjadi antara pasangan. Tetapi, seks bukanlah sesuatu yang bisa dibarterkan, bukan alat untuk mengontrol pasangan, maupun alat untuk meredakan konflik. Jadi, ketika sedang berselisih, tidak mungkin melakukan hubungan seks yang berkualitas. Seks butuh kondisi emosional yang nyaman.

 

7.   Seks bukan semata ritual 

Meski hubungan sudah berjalan bertahun-tahun, bukan berarti seks bisa dilakukan semata sebagai sebuah ritual. Butuh tindakan spesial agar bisa sama-sama memperoleh seks yang berkualitas. Misalnya, melakukan foreplay sebelumnya. 

 

8.   Makin jarang ketemu, seks makin membara 

Bertahun-taun bersama bisa membuat hubungan meredup, begitupun dalam hal seks. Ada kalanya kehangatan justru timbul ketika kita berjauhan dengan pasangan. Sesekali cobalah saling menjauh untuk menyalakan lagi api rindu dan hasrat seksual terhadap pasangan. Setelah beberapa waktu tak bertemu, bisa jadi ada sesuatu pada diri pasangan yang membuat kita kembali terpesona.

Recommended Articles