30

JAN 20

Tim writer GoodLife

Manfaat Virgin Coconut Oil, Dari Obati Jerawat Hingga Penyakit Jantung

Virgin Coconut Oil (VCO) sudah lama dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Hal ini tak lepas dari kualitasnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak kelapa biasanya. VCO tidak melewati proses yang terlalu panjang seperti pemanasan, penyulingan, pemutihan, hingga pengharuman sehingga tidak mengubah sifat alami minyak.

VCO diperoleh langsung dari daging kelapa yang diekstraksi sehingga memiliki kandungan berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan, mulai dari zat besi, vitamin K, vitamin E, hingga asam laurat, asam kaprat, dan kaprilat yang berfungsi sebagai antimikroba, antioksidan, dan anti jamur.

 

Berikut ini manfaat VCO bagi kesehatan.

1.  Mencegah Penyakit Jantung

Lemak jenuh alami yang cukup tinggi dalam VCO bisa meningkatkan kolesterol sehat tubuh (HDL) sehingga bisa mencegah penyakit jantung. Selain itu, lemak jenuh juga bisa mengubah kolesterol jahat (LDL) menjadi kolesterol baik (HDL) untuk menjaga kesehatan jantung.

Namun bagi kamu yang sudah terdiagnosis memiliki skait jantung, sebelum minum VCO sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu ya.

2.  Menyembuhkan Radang Sendi

VCO mampu menekan dan mengatasi sel-sel inflamasi yang menyebabkan peradangan, terutama radang sendi. Hal ini karena kandungan zat antioksidan VCO yang cukup tinggi. Oleskan VCO pada bagian mengalami peradandan lalu beri pijatan lembut.

3.  Anti-Bakteri, Anti-Virus, dan Anti-Jamur

VCO mengandung asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat yang ampuh mengurangi jamur, bakteri, dan virus.

4.  Obat Jerawat

Daripada selalu menggunakan obat kimia, kamu bisa mencoba mengoleskan VCO pada permukaan jerawat. Kandungan asam laurat dalam VCO bisa mengurangi peradangan dan melawan bakteri.

5.  Menghilangkan Kerutan Halus

VCO juga berfungsi sebagai anti-aging. Teteskan VCO pada telapak tangan lalu gesek kedua telapak tangan hingga terasa hangat kemudian tempelkan ke wajah sambil dipijat.

6.  Mencegah Osteoporosis

Penelitian menemukan bahwa minyak kelapa murni bisa mencegah pengeroposan tulang serta mampu meningkatkan volume dan struktur tulang menjadi lebih kuat.

7.  Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi VCO terbukti meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh dibanding dengan asam lemak lainnya. Artinya, tubuh dengan mudah mengubah lemak untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi.

Wah ternyata, selain obat kimia, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti VCO untuk berbagai keluhan permasalahan kesehatan, kan? Lebih sehat dan pasti lebih murah.

Recommended Articles